, ,

Ponsel Pintar BlackBerry Terbaru Gunakan "Trackpad" Lagi

HARIANACEH.co.id – Sejak kehadiran sistem operasi BlackBerry 10 pada Januari 2013, perusahaan BlackBerry asal Kanada tak pernah lagi mendesain ponsel dengan trackpad dan tombol fisik back di bagian depan.

Setelah setahun berlalu, BlackBerry memilih untuk mengembalikan trackpad dan tombolback pada salah satu ponsel barunya.

Kedua tombol tersebut akan hadir pada ponsel terbaru dengan nama resmi BlackBerry Q20. CEO BlackBerry John Chen mengatakan, Q20 merupakan ponsel yang desainnya menyerupai Q10 dengan papan ketik (keyboard) fisik.

“Q20 mengusung gaya ponsel Q10, tetapi dengan trackpad tradisional dan tombol back,”kata Chen dalam jumpa pers di ajang Mobile World Congress di Barcelon, Spanyol, Selasa (25/2/2014).

Chen berharap Q20 mampu mengembalikan citarasa ponsel BlackBery lawas, dan menjadi “senjata ampuh” untuk menarik perhatian pelanggan loyal yang terlanjur familiar dengan dua tombol tersebut.

“Mungkin ini sedikit nostalgia. Ketika saya berjalan di sekitar sini pada 60 atau 90 hari terakhir, saya melihat banyak pelanggan yang mencintai keyboard mereka,” lanjut Chen.

BlackBerry Q20 rencananya hadir sebelum akhir tahun 2014. Namun, Chen tidak mengungkap berapa harga yang dibanderol untuk perangkat tersebut.

Trackpad merupakan sebuah permukaan datar yang berfungsi menerjemahkan gerakan jari pada suatu posisi di layar ponsel. Selain sebagai penunjuk posisi, trackpad pada ponsel BlackBerry juga bisa ditekan untuk memilih menu.

Sebelum trackpad, BlackBerry menggunakan bola berukuran kecil sebagai penunjuk posisi yang juga dinavigasi oleh jari atau biasa disebut trackball.

Sumber: Crackberry

loading...

Lenovo Rilis 3 Smartphone Android Quad-core Murah

Setelah Akuisisi, Terbitlah IPO