,

Si Bengal Spesialis “Set Piece”, Robin van Persie

[-“q8CGxWkQYJvadXWQyIWLBueaId8Jhi44”]HARIANACEH.co.id — Hari ini, 31 tahun yang lalu, Robin van Persie lahir di Rotterdam, Belanda. Pemain yang akrab dengan julukan RvP itu merupakan pemain timnas Oranje yang kini merumput di klub Inggris Manchester United.

Putra pasangan seniman itu pertama kali mengenal sepakbola di usia 5 tahun dengan bergabung di klub SBV Excelsior. Pada usia 15, RvP pindah ke Feyenoord. Kala itu, kebetulan sejumlah pemain Feyenoord sedang didera masalah cedera. Dalam waktu relatif singkat, yakni dua tahun, RvP pun dipromosikan ke skuat utama.

Terlibat pereteruan dengan pelatih Bert van Marwijk, Van Persie sempat dilempar ke tim reserveFeyenoord. Puncaknya, RvP pun dijual. Sayang, hanya sedikit tim yang tertarik lantaran track record Van Persie yang kurang baik soal kedisiplinan. Sampai akhirnya Arsene Wenger tertarik pada RvP untuk mengganti Dennis Bergkamp yang akan pensiun dari Arsenal. Tim gudang peluru pun memboyong RvP dengan nilai kontrak 2,75 juta Poundsterling, hanya setengah dari yang ditawarkan Feyenoord, yakni 5 juta Pounds pada tahun 2004.

Di Arsenal, RvP justri kian bersinar. Bersama klub asal London, Persie menggondol juara FA Community Shield dan Piala FA di musim perdananya. Pada tahun musim 2012, Van Persie hijrah ke Old Trafford. Ia dibeli 22,5 juta Pounds untuk kontrak selama empat tahun oleh Tim Setan Merah, Manchester United. Bersama Rooney dan kolega, pemain bernomor punggung 20 itu menjuarai Liga Premier Inggris musim 2012-2013 dan dinobatkan sebagai top skorer dengan 26 gol yang dicetaknya.

Di timnas Oranje, Van Persie sudah membela tim asal negeri kincir angin itu sejak di tim U-17, U-19, dan U-21. Dalam ajang Piala Dunia, RvP diturunkan di tiga kompetisi terakhir yakni pada 2006, 2010, dan 2014. Total, pemain yang sering disetrap guru kala masih duduk di bangku sekolah itu sudah 91 kali berlaga bersama timnas dan mencetak 47 Gol.

Soal gaya bermain, banyak yang menyamakan dirinya dengan legenda Belanda Marco van Basten. Striker yang dikenal memiliki skill dribbling luar biasa itu mengawali karier sebagai winger. Namun, oleh tangan dingin Arsene Wenger, Persie dibentuk menjadi striker dan target man. Jagoassist itu juga disebut-sebut sebagai spesialis set piece sekaligus tendangan bebas.

Baru-baru ini, muncul kabar kurang mengenakkan bagi para fans RvP. Pasalnya, secara mengejutkan, pelatih anyar MU Louis van Gaal memutuskan untuk tidak menyertakan striker itu di semua laga pra musim yang akan dilakoni MU, juga laga-laga awal Premier League musim 2014-2015. Alasannya, RvP dinilai belum fit pascaliburan 3 pekan usai berlaga di Piala Dunia Brasil 2014.

Belakangan, RvP juga lagi-lagi terlibat perseteruan. Kali ini dengan legenda tim Oranje, Pierre van Hooijdonk. Hooijdonk mengkritik habis-habisan penampilan Persie di Piala Dunia 2014. Menurut Hooijdonk, Persie seharusnya dicoret sebagai starter oleh van Gaal. Dikritik seperti itu, Persie pun meradang dan balas menyerang. Perseteruan itu pun memaksa Guus Hiddink, pelatih tim Oranje yang baru untuk turun tangan. Hiddink meminta keduanya berdamai. Hiddink tak ingin hal itu berlarut-larut, pasalnya Hooijdonk adalah anggota tim kepelatihan Hiddink.

loading...

Di Seluruh Dunia, “Hackers” Rusia Curi 1,2 Miliar “Password”

Manchester United Raup Rp160 Miliar Saat Tur di Amerika