,

Ambar Anto: Rakyak Akan Begerak Jika Jokowi Dijegal

JAKARTA, HARIANACEH.co.id —¬†Gerakan Pemuda Ansor berjanji tak akan diam jika pelantikan presiden terpilih Joko Widodo sampai dijegal atau dihambat pemerintahannya oleh parlemen yang didominasi Koalisi Merah Putih. Organisasi dalam naungan Nahdlatul Ulama ini siap bergerak, bergabung dengan gerakan rakyat lain.

[-“DCAEb1N5xx6LIwZGtnUnAtNlXwfnB20X”]”Isu penjegalan Jokowi ini sepertinya sudah mengarah untuk memecah belah bangsa. Kami tak mau diam,” kata Ketua Gerakan Pemuda Ansor Yogyakarta Ambar Anto seperti dilansir laman tempo, Kamis, 9/10/2014.

Ambar meyakinkan Ansor tidak menutup mata. Ia akan membawa isu yang kini mencuat, yakni soal penjegalan dan pemakzulan Jokowi itu menjadi pembahasan dalam Konferensi Besar (Konbes) GP Ansor di Purwakarta, Jawa Barat, 10-12 Oktober 2014 nanti. “Kami akan bahas isu itu dalam Konbes besok, dan langkah-langkah yang bisa diperbuat,” ujar Ambar.

Ansor menyesalkan kabar penjegalan Jokowi lewat parlemen yang awalnya seperti rahasia umum ini dinyatakan terang-terangan oleh adik Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo. Hashim dalam sebuah wawancara dengan media asing beberapa waktu lalu menegaskan bakal menghambat pemerintahan Jokowi melalui kekuatan Koalisi Merah Putih di parlemen.

“Ancaman Hashim itu merugikan keluarga dan partainya sendiri. Juga, mengancam kedaulatan Indonesia ke depan ketika mengusung ambisi pribadi dan dendam pilpres,” kata Ambar.

Hashim ataupun parlemen, Ambar melanjutkan, tak akan mudah menjegal pemerintah Jokowi, baik dengan skenario yang dibuat seolah konstitusional maupun cara politik kotor lain. Seperti menyerang Jokowi dengan seratus hak veto DPR guna mengontrol lembaga negara strategis. “Kalau ada manuver parlemen yang di mata rakyat janggal, pasti rakyat akan bergerak. Menuntut dan terus menekan,” katanya.

Menurut Koordinator Gerakan Relawan Mahasiswa Yogya Lilik Krismantoro, yang dikhawatirkan bukan penjegalan Jokowi saat pelantikan. “Setelah pelantikan itu justru yang akan kami kawal. Jangan sampai program kerakyatan Jokowi terhambat oleh ambisi balas dendam elite parlemen yang jagonya kalah pilpres,” ujarnya.

 

loading...

Terkait Soal Penahanan Jero Wacik, Ini Kata KPK

Dana Asing Kabur dari Indonesia, Ini Dia Penyebabnya