,

10 Warga Syiah Tewas Akibat Bom Mobil di Baghdad

HARIANACEH.co.id —¬†Ledakan bom mobil dengan sasaran kelompok Syiah di Baghdad menjelang peringatan keagamaan, Asyura, menewaskan sedikitnya 10 orang, Minggu (2/11/2014).

[-“oo894Qy5HvhATUBe3t00fuADrSlAMs7W”]Menurut sumber keamanan, ledakan terjadi di dekat sebuah tenda tempat korban mendistribusikan teh dan air di daerah Al-Ilamm barat daya Baghdad. Insiden tersebut juga melukai lebih dari 20 orang.

Saat itu, ratusan ribu peziarah Syiah akan berbondong-bondong ke kuil Irak, Kota Karbala, untuk peringatan Asyura. Peringatan ini menandai kematian Imam Hussein, salah satu tokoh berpengaruh di Islam Syiah.

Para peziarah telah ditargetkan selama peringatan Asyura sebelumnya, tetapi peringatan tahun ini, yang puncaknya pada Selasa, menghadapi situasi yang lebih gawat. Kelompok garis keras Negara Islam mengendalikan wilayah besar negara itu.

IS, seperti kelompok-kelompok garis keras Sunni lainnya, menganggap Syiah sebagai bidah dan sering menargetkan mereka dengan pemboman.

Peziarah merupakan ujian besar bagi pemerintah baru yang dipimpin oleh Perdana Menteri Haidar al-Abadi, serta bagi pasukan keamanan Irak, yang telah berjuang untuk mendorong para gerilyawan mundur.

Sebuah serangan besar selama peringatan di Karbala, di mana Imam Hussein dimakamkan, akan meningkatkan ketegangan antara Irak Syiah mayoritas dan minoritas Arab Sunni, serta dapat memicu serangan balas dendam.

 

loading...

55 Warga Pakistan Tewas Akibat Bunuh Diri

Pemerintah Irak Sebut ISIS Telah Membantai 322 Anggota Suku