, ,

Fungsi Otak Akan Meningkat Jika Latihan Fisik Berat 30 Menit Sehari

HARIANACEH.co.id — Bukti menunjukan bahwa aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kemampuan otak.

Namun, penelitian ini membuktikan seberapa banyak latihan yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Sebuah studi terbaru yang dilakukan di University of Adelaide di Australia menunjukkan bahwa 30 menit melakukan latihan fisik berat dapat membuat otak lebih “elastis”, termasuk meningkatkan daya ingat dan keterampilan koordinasi motorik.

[-“ZTtSsrsyI2j7zpjDcIITB58Da0EL2W9m”]Pemimpin peneliti Asosiasi Professor, Michael Ridding mengatakan meskipun studinya itu merupakan sebuah sampel dalam kelompok kecil, tetapi diharapkan orang bisa lebih memahami gambaran keseluruhan bagaimana melatihnya agar berpengaruh positif pada otak.

“Kita tahu bahwa elastisitas otak diperlukan untuk pemulihan kerusakan pada otak, jadi hal ini membantu untuk terapi pasien. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat manfaat jangka panjang bagi pasien serta orang-orang yang sehat,” imbuhnya.

Dalam penelitian lebih lanjut melibatkan orang dewasa berusia 20 tahun dan awal 30 tahunan. Mereka diminta untuk bersepeda selama 30 menit. Tim ahli saraf memantau perubahan pada otak setelah sesi latihan dan dilakukan lagi 15 menit kemudian. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam satu sesi aktivitas fisik selama 30 menit, dapat meningkatkan fungsi otak.

“Peregangan di otak penting untuk melatih daya ingat dan koordinasi keterampilan motorik. Semakin banyak latihan itu dilakukan pada otak, maka akan semakin menguatkan koneksi antara sel-sel saraf dengan bagian otak yang lain,” tambah Ridding.

Sebuah studi serupa yang dilakukan di University of Illinois di Urbana-Champaign menemukan bahwa olahraga teratur dapat memberikan manfaat, yaitu pasokan otak berupa serabut saraf yang berfungsi menghubungkan berbagai badan sel di otak besar (serebrum).

Peneliti menilai hubungan positif antara kebugaran fisik dan otak terjadi  saat usia 9-10 tahun. Anak-anak yang lebih sehat secara fisik memiliki serabut saraf yang lebih tebal dan padat, sehingga mereka memiliki kapasitas yang lebih besar untuk ingatan, kesadaran, dan intelegensi.

 

loading...

Presiden Ini Geram Tak Ketulung Karena Digambarkan Seperti Anjing

Konflik dan Kisruh di DPR RI Tak Bikin Presiden Jokowi Khawatir