, ,

Wajarkah Jika Masih Muda Sudah Ubanan?

HARIANACEH.co.id — Masih muda sudah ubanan, wajarkah? Para pakar seperti dikutip laman WebMD, kondisi ubanan di usia muda bukan masalah serius yang perlu dikhawatirkan.  Para peneliti pun hingga kini belum tahu persis apa yang menjadi penyebab rambut ubanan di usia muda, Namun, mereka menduga hal ini terjadi karena tiga faktor, antara lain, faktor genetik, kekurangan vitamin B12 dan gangguan kelenjar tiroid.

Sebuah penelitian tahun 2007 juga telah berupaya menyelidiki hubungan antara ubanan di usia muda dengan kepadatan tulang yang lebih rendah. Namun tak didapatkan hubungan positif dari dua variabel tersebut.

“Tingkat kepadatan tulang lebih terkait dengan beratnya aktivitas, berat badan dan tinggi badan. Ini tidak terkait dengan rambut atau hal-hal yang mengontrol warna rambut,” kata peneliti Deborah J. Morton, PhD, dari University of California, San Diego.

Kondisi ubanan yang dialami anak muda ini paling banyak terjadi di Asia yakni saat usia 20-22 tahun. Sedangkan di Amerika dan Afrika, paling cepat orang mengalami ubanan pada usia 40 tahun.

Namun di sisi lain, ada pula dugaan bahwa seseorang yang sering stres dapat membuat rambutnya cepat memutih. Sayangnya, itu juga tidak terbukti setelah dilakukan penelitian. Jadi bagi Anda yang memiliki uban di usia muda, sebaiknya memperbanyak makanan yang mengandung vitamin B12.

 

loading...

Lelaki Ini Tulis Wasiat di FBnya Sebelum Habisi Istri dan Bunuh Diri

Monster Itu Bernama “Kapitalisme”