, ,

Karena ‘Botox’ Bisa Ular, Wajah Racula Crisan Bengkak Total

HARIANACEH.co.id — Penyuntikan botox atau kepanjangan dari botulinum toxin sejatinya merupakan penyuntikan toksin ke dalam pembuluh darah untuk mendapatkan efek lebih muda atau mengurangi kulit keriput. Tapi apa yang dialami seorang perempuan asal Rumania ini justru membuat wajahnya lumpuh hingga setahun lamanya.

Racula Crisan (38) pergi ke sebuah klinik kecantikan untuk mendapatkan suntikan botox di bawah mata dan bibirnya dari seorang ahli bedah plastik Adrian Oancea (47). Setelah penyuntikan, bukannya wajah kencang yang didapat, Crisan justru mengalami pembengkakan di sekujur wajahnya hingga lumpuh setahun lamanya. Lantas, ia melaporkan Oancea ke pengadilan.

“Ketika dia bersaksi, ternyata dia tidak benar-benar tahu apa yang disuntikkanya ke wajah saya karena produk yang ia gunakan diimpor dari Cina dan semua keterangan dalam bahasa Cina,” ujar Crisan.

Departemen Kesehatan Rumania mengatakan kepada pengacara Crisan bahwa zat tersebut ternyata tidak mengantungi izin legal di negaranya. Bahkan berdasarkan situs pencarian, mengungkap bahwa produk yang digunakan Oancea merupakan racun ular berbisa.

“Wajah saya lumpuh selama satu tahun. Saya tidak bisa menangis, tertawa, itu mengerikan,” ujarnya.

Kini Crisan telah menjalani serangkaian proses pengobatan dan kembali mendapatkan 70 persen kemampuan otot-otot wajahnya. Oancea pun dikeluarkan dari Alba Country Hospital meski masih bisa menangani pasien lainnya.

Ular selama ini digunakan untuk mencegah keriput pada sebuah pengobatan, namun seharusnya diolah dalam sebuah krim melalui teknik farmasi dan penggunaannya bukan disuntikkan secara langsung ke kulit wajah seseorang. Meski telah menjalani sidang dua tahun silam, Oancea masih menunggu vonis yang dijatuhkan kepadanya.

loading...

Ketua KPK: Saya Tak Bisa Hindari Pertemuan dengan Elite Politik

Ketua KPK: Tak Pernah Ada Niat Kami Sok-Sokan di Atas Hukum