, ,

PLN Tinggikan Gardu di Daerah Rawan Banjir karena Level Tanah Turun

HARIANACEH.co.id — PT PLN (Persero) akan kembali meninggikan beberapa gardu distribusi di daerah rawan banjir. Peninggian ini karena semakin turunnya level tanah terhadap muka air laut.

Demikian disampaikan Manajer Bidang Komunikasi, Hukum, dan Administrasi PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang, Koesdianto, dalam siaran persnya, di Jakarta, Sabtu (7/3/2015).

“Keselamatan dan keamanan pelanggan adalah prioritas utama PLN dalam melayani. Terkait banjir yang melanda Jakarta beberapa waktu lalu, PLN mempunyai rencana mitigasi penanganan kelistrikan pascabanjir agar tetap handal saat banjir,” jelas Koesdianto.

Selain itu, secara bertahap PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang akan meninggikan gardu distribusi yang masih rendah. Dengan amannya gardu dari rendaman banjir, maka memberikan tambahan proteksi bagi warga dan memperkecil peluang padam akibat banjir.

Dia menambahkan, masyarakat perlu mengingat bahwa pemadaman listrik akibat banjir tidak hanya bergantung pada kondisi gardu ataupun instalasi PLN. Dalam hal ini, lanjutnya, juga diperlukan kerja sama dan partisipasi masyarakat.

“Peletakan instalasi milik warga seperti stop kontak, saklar, kabel-kabel dan peralatan listrik lain menjadi faktor yang sama pentingnya untuk diamankan. Masyarakat diharapkan sukarela untuk meninggikan instalasi di rumah masing-masing,” imbaunya.

Dengan demikian, tambah dia, akan tercipta suatu sinergi yang baik antara masyarakat dan PLN yaitu bersama meninggikan instalasi dan jaringan listrik untuk mencapai tujuan keselamatan dan memperkecil peluang padam saat banjir.

Sekadar informasi, Kelurahan Penjaringan menjadi salah satu kawasan di wilayah kerja PLN Area Bandengan yang terkena musibah banjir setiap tahunnya. Waduk Pluit yang notabene menjadi salah satu andalan kota Jakarta juga terletak di kelurahan ini.

“Titik peninggian gardu yang rencananya akan dilakukan juga berada dalam kawasan sekitar waduk, dan seputar kelurahan Penjaringan,” pungkasnya.

loading...

Penggawa Southampton Jajal Hoki Es, Lepas Penat

Waspada, Indonesia Bisa Terperangkap Jebakan Australia