, ,

Menuliskan Ulasan Negatif, Laki-Laki Ini Didenda Rp900 Juta

HARIANACEH.co.id — Sebagian besar orang percaya bahwa mereka memiliki kebebasan untuk mengutarakan pendapat. Meskipun begitu, tetap ada norma-norma tertentu yang harus dipatuhi.

Hal ini akhirnya disadari oleh seorang laki-laki asal Inggris bernama Jason “Jay” Page pekan ,ini saat dia dipanggil ke pengadilan karena memaki seorang pengacara asal Colorado, Timothy Bussey. Selain itu, dia juga dijerat hukum karena telah mengatakan bahwa perusahaan hukum milik Bussey, Bussey Law Firm, hanya dapat memenangkan 20 persen kasus yang mereka tangani.

Seolah semua itu tak cukup buruk, Page bahkan mengatakan bahwa Bussey membayar orang untuk menuliskan ulasan positif tentang dirinya. Semua tuduhan ini dituliskannya pada profil Google Maps Bussey. Meskipun tulisan ini bersifat anonim, tetapi Bussey berusaha untuk mencari tahu siapakah yang berusaha merusak reputasi bisnisnya.

Timothy Bussey
Timothy Bussey

Seperti dilansir The Telegraph, Bussey lalu mengirimkan surat resmi dari pengadilan untuk meminta Google memberitahu dia darimana tuduhan tersebut muncul. Dan Bussey menemukan bahwa tuduhan tersebut ditulis seorang laki-laki berumur 20-an yang masih tinggal bersama orangtuanya.

Page membela diri dengan mengatakan bahwa akun Google miliknya pastilah telah di-hack. Dia mengatakan, karena dia adalah seorang moderator pada situs Reddit, seseorang mungkin merasa tersinggung dengan sesuatu yang telah dia katakan.

Meskipun begitu, pada akhirnya hakim memutuskan bahwa terdapat “kemungkinan besar” bahwa akun miliknya tidak di-hack. Sang hakim berpendapat bahwa keamanan Google sudah cukup baik, sehingga kecil kemungkinan orang selain Page dapat menggunakan akun miliknya.

Pada akhirnya, Page dinyatakan bersalah atas pencemaran nama baik dan harus membayar denda sebesar 50.000 poundsterling (Rp982 jt) dan juga harus membayar kerugian yang diderita Bussey.

Meskipun begitu, tidak ditemukan hubungan yang ada antara Page dan Bussey. Karena itulah, sang hakim memutuskan bahwa Page mungkin dibayar orang lain untuk menuliskan komentar negatif mengenai Bussey.

loading...

Diklaim Tablet Xperia Z4 Sangat Ringan

Puasa Senin Kamis, Ini Bukti Ilmiah Dan Manfaatnya