, ,

Suksesor Maxwell untuk Hadapi AMD Fury X, NVIDIA Pascal

HARIANACEH.co.id — AMD boleh saja jemawa setelah merilis arsitektur kartu grafis terkencang dan tercanggih, Fury X. Seperti biasa, pesaingnya juga sedang menyiapkan arsitektur terbaru untuk menghadapi kartu grafis dari AMD yang telah menyematkan teknologi HBM. NVIDIA saat ini tengah menggarap suksesor dari Maxwell, yang mereka sebut dengan NVIDIA Pascal.

NVIDIA Pascal memang dirancang untuk menjadi penerus sah dari chipset Maxwell GM200, arsitektur yang dikenal cukup efisien dari konsumsi daya dan panas yang dihasilkan. Pascal diproyeksikan telah menerapkan teknologi HBM2, yang menggunakan sekitar 17 miliar transistor.

Informasi yang kami dapatkan dari Fudzilla dan WfccTech juga mengatakan, jumlah kapasitor ini dua kali lipat lebih banyak dari chipset Maxwell yang menggunakan 8 miliar transistor pada NVIDIA Titan X. Jumlah kapasitor ini bisa diterapkan berkat teknologi fabrikasi FinFET 16 nm. Chipset perdana Pascal akan dinamai GP100.

Nodul chip NVIDIA Pascal 1

Sebagai penjelasan tambahan, fabrikasi 16 nm yang digunakan NVIDIA mirip dengan apa yang telah dijalankan oleh pabrikan semikonduktor asal Taiwan TSMC, yang sudah berpengalaman dalam memproduksi prosesor mobile. Penyematan teknologi HBM2 membuat NVIDIA Pascal siap menyediakan memori VRAM 32 GB.

Tidak hanya VGA untuk konsumen biasa, Pascal juga akan hadir pada rumpun kartu grafis profesional seperti Tesla. Sayangnya, NVIDIA harus mengalah karena AMD memiliki akses prioritas untuk penerapan teknologi HBM2 pada kartu grafis mereka. Oleh karena itu, NVIDIA baru bisa memasarkan VGA dengan arsitektur Pascal paling cepat pada kuartal kedua 2016.

loading...

Bambang Brodjonegoro Ingatkan Bank Indonesia Jaga Rupiah

Pertempuran di Suriah Menewaskan Seorang Jurnalis Saat Meliput