FOTO

Panorama Wisata di Aceh

HARIANACEH.co.id — Banyak sekali sebenarnya tempat wisata di Aceh yang menarik untuk anda kunjungi, jika kemarin-kemarin kami memberikan daftar tempat wisata pada seluruh pulau kali ini lebih ke satu propinsi atau kota yang besar agar lebih detail dan bukan hanya sekedar nama dari tempat wisata tersebut, beberapa tempat wisata di Aceh Darusalam yang menarik untuk anda kunjungi ini tidak sama dengan yang ada pada daftar tempat wisata di seluruh pulau sumatera kemarin, akan tetapi sudah kami modifikasi menjadi tempat wisata alam, dan berikut adalah tempat wisata alam di Aceh:

1. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar merupakan sebuah danau dan kawasan wisata yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Nanggroe Aceh Darussalam. Suku Gayo menyebut danau ini dengan nama Danau Lut Tawar. Yang luasnya kira-kira 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km. Volume airnya kira-kira 2.537.483.884 m³ (2,5 triliun liter). Ditemukan sekitar 46 jenis plankton yang terbagi atas 11 kelas di dalam Danau Laut Tawar, dengan rincian kelas Chlorophyceae sebesar 35%, Bacillariophyceae 24%, Myxophyceae 9%, dan kelas lain sebesar 32%. Hydrilla sp, eceng gondok, dan kiambang juga dapat ditemukan hidup di pinggiran danau ini. Ditemukan 3 jenis moluska, 1 jenis annelida, 37 jenis ikan, dan 49 jenis serangga yang hidup di kawasan Danau Laut Tawar. Untuk hewan yang hidup di sekitar danau, ditemukan 20 spesies mamalia yang terbagi atas 13 famili, beberapa diantaranya termasuk hewan yang dilindungi, antara lain binturung, pukas, trenggiling, landak, kancil, napu, owa, siamang, tanado, harimau, kucing hutan, rusa, dan kijang.

2. Danau Aneuk Laot

Nama Danau Anaeuk Laot diberikan karena Kota Sabang yang di kelilingi oleh lautan namun danau ini selalu mencukupi kebutuhan air bersih untuk masyarakat di sekitar danau tersebut.

Danau Aneuk Laot yang juga disebut Danau Air Tawar terletak di Kecamatan Aneuk laot, Kota Sabang, Nangroe Aceh Darussalam. Dalam bahasa Aceh aneuk laot berarti anak laut.

Seperti wisata alam lainnya, objek ini menyajikan panorama alam yang sangat menakjubkan dan begitu indah. Jika anda ingin berkunjung di siang hari tidak perlu khawatir dengan terik panas matahari, udara di tempat ini sangatlah sejuk dan teduh.

Wisatawan bisa menikmati sunset yang dilatar belakangi pemandangan laut Sabang. Pemandangan waktu malam hari juga tidak kalah menakjubkan, danau ini semakin cantik dengan hiasan cahaya lampu-lampu yang berasal dari atas bukit Kota Sabang.

Untuk menuju danau ini wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi, sewa, ataupun menggunakan transportasi umum. Perjalanan bisa anda mulai dari Kota Sabang dengan waktu sekitar 30 menit. Objek wisata ini sangat tepat dijadikan tempat liburan bersama keluarga.

3. Pantai Lhok Nga

Pantai Lhok Nga sangat ramai waktu hari-hari libur, mulai dari siang hingga senja menjelang. Sehingga jika anda ingin menikmati ketenangannya, pastikan memilih hari kerja biasa. Namun secara umum, walaupun ramai, dan pantainya yang luas memanjang tetap bisa menampung ratusan bahkan ribuan orang yang ingin menikmati suasana sunset di sini. Jaraknya pun dekat dengan kota Banda Aceh, hanya 15 menit dari pusat kota bila menaiki mobil maupun motor, dan lokasinya bertolak belakang dengan lokasi pantai Ujung Batee.

Lhok Nga selalu ramai dengan kunjungan wisatawan lokal ataupun asing “banyak para pekerja asing yang mewarnai Aceh”, termasuk dengan makin banyaknya penikmat surfing. Ombaknya yang tinggi bergulung namun memecah mulus di pantai berpasir kehitaman bercampur warna kerang putih, membuat para peselancar seolah tak bosan mengayuh papannya ke tengah lautan.

Pemandangan elok lainnya adalah waktu matahari menjelang tenggelam, sunset di Lhok Nga merupakan pemandangan yang cantik dan sangat sayang kalau dilewatkan begitu saja. Deburan ombak yang teratur diiringi dengan angin berayun mendayu, merupakan perpaduan romantis.

Belum lagi kalau sambil menikmati jagung bakar manis serta es kelapa muda yang dihidangkan langsung dengan batoknya plus kucuran jeruk nipis pada kelapa muda tersebut, betapa nikmatnya.

Namun begitu adzan maghrib berkumandang, segera bersiap-siaplah untuk beranjak meninggalkan pantai, bila tidak ingin kenangan indah Anda diusik oleh beberapa pemuda lokal yang tak akan segan-segan mengusir pengunjung pantai untuk segera pergi dari lokasi ini.

TERPOPULER

To Top