MOSKOW, HARIANACEH.co.id –– Edward Snowden, mantan pembocor laporan intelijen Badan Keamanan Nasional (NSA) kepada wartawan pada tahun lalu dinominasikan menerima Hadiah Nobel Perdamaian.

Nama Snowden diajukan menerima hadiah oleh dua politisi Norwegia karena ia telah membuat dunia menjadi tempat yang lebih aman. Ribuan orang di seluruh dunia diperkenankan memilih nominasi, termasuk pejabat pemerintah, pemenang sebelumnya, dosen, anggota pengadilan internasional atau majelis nasional.

“Tidak ada keraguan bahwa tindakan Edward Snowden mungkin telah merusak kepentingan keamanan dari beberapa negara dalam jangka pendek,” tulis mantan Menteri Lingkungan Pendidikan bagi Partai Kiri Sosialis Norwegia, Bård Vegar Solhjell, seperti dilansir dari Time, Rabu (29/1/2014).

Baca Juga:  Para Pendukung ISIS Jadikan Ikon Benderanya Fashion

“Kami yakin bahwa debat publik dan perubahan kebijakan yang telah mengikuti di belakang Snowden telah memberikan kontribusi terhadap tatanan dunia yang lebih stabil dan damai,” tambahnya.

Para nominator biasanya dirahasiakan selama lima dekade, tapi kadang-kadang namanya diungkapkan karena memenuhi syarat. Komite Nobel menerima rekor 259 nominasi untuk Hadiah Perdamaian 2013. Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia dinobatkan sebagai pemenangnya pada Oktober 2013.

via kcm

loading...