GADGET

Oppo N1, Andalkan Kamera Putar

HARIANACEH.co.id – Oppo N1 adalah smartphone suksesor Oppo Find 5. Dengan N1, Oppo seolah ingin menegaskan kehadirannya untuk bersaing dengan smartphone premium lain. Hal ini terlihat dari tampilan, fitur dan spesifikasi yang dimiliki N1.

Oppo N1 dibekali deretan spesifikasi kelas atas, baik untuk hardware dan software-nya. Bahkan, Oppo mengkustomisasi sendiri tampilan antarmuka N1 agar berbeda dengan smartphone Android lainnya.

Selain itu, Oppo juga ingin memperkenalkan cara baru berinteraksi dengan smartphone melalui kontrol gestur yang dimiliki N1. Bukan hanya di layarnya saja, Oppo juga memungkinkan pengguna mengontrol smartphone dengan sentuhan jari dari bagian belakang smartphone.

Dan yang menjadi fitur andalan, adalah kamera 13 megapixel yang bisa dirotasi. Kamera ini dikembangkan Oppo dengan menggandeng pabrikan Fujitsu yang meracik prosesor pemroses gambar. Deretan fitur editing foto dan efek juga diberikan untuk menarik penyuka fotografi instan dengan smartphone.

Desain

Saat melihat pertama kali, pasti yang muncul di benak adalah ukurannya yang tergolong besar. Pilihan warna putih dengan sentuhan matte ini menyembunyikan bodinya yang terbuat dari bahan plastik.

Engadget Oppo N1

Engadget
Oppo N1

Oppo N1 memiliki desain kotak dengan ujung-ujung yang membulat. Layarnya yang berukuran 5,9 inci menjadi perhatian utama di wajah N1. Layar Oppo N1 menggunakan materi IPS dengan resolusi Full HD. Walau memiliki tampilan layar yang jernih dan tajam, namun karena sifat layar yang reflektif, maka performa tampilan layarnya berkurang saat dipaparkan di bawah terik matahari.

Dengan ukuran yang lebih besar dari smartphone kebanyakan, seperti Galaxy S4 atau iPhone 5s, menjadikan Oppo N1 agak susah untuk dikantongi di saku celana atau baju. Lebih nyaman dimasukkan ke dalam tas. Walau sebenarnya N1 ini cukup tipis dan bisa dimasukkan di saku celana belakang.

Minimalis mungkin menjadi kata yang tepat jika menggambarkan tombol fisik yang dimiliki N1. Sepintas, pengguna tidak akan menemui tombol fisik yang mencolok di body smartphone. Oppo memberikan tombol fisik untuk daya dan pengatur volume di sebelah kanan yang desainnya tipis mengikuti kontur body N1.

Di sebelah kiri terdapat slot kartu SIM. Agak susah untuk membuka slot ini, karena membutuhkan pin untuk mengakses slot kartu SIM. Oppo N1 tidak memiliki slot kartu memori sebagai penyimpanan eksternal. Bagian penutup belakang smartphone juga tidak bisa dibuka. Karena itu pengguna tidak bisa mengakses baterai dan sebagainya.

Antarmuka & Fitur

Untuk antarmuka, Oppo N1 yang secara default menggunakan sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean, ingin membedakan dirinya dengan smartphone Android lain. Oppo mendesain antarmuka yang disebut dengan Color OS yang ditanamkan di dalam N1.

Interface Oppo N1

Interface Oppo N1

Pada dasarnya, Color OS tetap menggunakan layanan dan aplikasi Google, hanya saja Oppo memermak beberapa bagian, seperti layout homescreen, lockscreen, app drawer, serta setting menu di dalamnya. Saat dalam mode lockscreen, pengguna juga bisa mengakses fitur lampu senter dengan menekan dan menahan tombol Home. Fitur yang cukup membantu jika Anda berad di ruang gelap.

Yang menarik, Oppo menyediakan Guest Mode bagi pengguna. Seperti layaknya PC, dalam mode ini, beberapa aplikasi dan file akan disembunyikan dan tidak bisa diakses, sehingga privasi pengguna akan terjaga jika smartphone ingin dipinjam teman atau saudara.

Untuk menavigasi antarmuka Oppo N1, pengguna Android akan cepat terbiasa. Tombol-tombol di layar dengan ikon-ikon khas Android mudah dikenali. Transisi antar layar juga terlihat lancar dan mulus. Permukaan layar juga memiliki respon sentuhan yang nyaman di jari. Bahkan, pengguna tetap bisa mengoperasikan antarmuka smartphone walau mengenakan sarung tangan, dengan setting yang dilakukan sebelumnya.

Speker, konektor micro USB, dan jack 3,5 mm di sisi bawah Oppo N1

Speker, konektor micro USB, dan jack 3,5 mm di sisi bawah Oppo N1

Hanya saja, karena layar yang cukup lebar, maka pengoperasian dengan satu jari sedikit merepotkan. Terutama jika hendak menulis pesan atau catatan dengan keyboard layar sentuhnya, apalagi jika dalam mode landscape. Karena itu N1 lebih nyaman dioperasikan dengan dua tangan.

Untungnya, Oppo memiliki fitur kontrol gestur untuk mengakses aplikasi atau memberikan perintah tertentu. Misalnya dengan membuat gestur melingkar, kotak, atau segitiga, pengguna bisa mengakses aplikasi tertentu yang telah disetting sebelumnya. Fitur ini juga tetap berfungsi saat layar dalam kondisi mati.

Layar yang diusung N1 memiliki kontras yang tinggi. Melihat foto dan video terasa nyaman walau berada di luar ruangan. Sudut pandangnya pun cukup lebar, bahkan saat smartphone dilihat dari samping lebih dari 45 derajat, layar tetap terlihat jelas. Dengan demikian, pengguna bisa melihat layar smartphone dengan satu atau dua teman lain dengan nyaman.

Oppo juga memperkenalkan pengoperasian smartphone dengan sentuhan di bagian panel belakang. Jika diperhatikan, di bagian belakang smartphone terdapat area khusus yang diberi tanda segi empat, layaknya touchpad di notebook. Dengan menggunakan kontrol gestur tertentu, pengguna bisa memberikan perintah atau menavigasi layar dengan mudah.

Sebagai contoh, dengan menyapukan jari ke kanan atau kiri, pengguna bisa berpindah slide antar foto atau halaman. Begitu juga saat menyapukan jari ke atas atau bawah, pengguna bisa memanfaatkannya saat browsing Internet untuk scroll halaman. Sementara dengan melakukan sentuhan dua kali, akan mengaktifkan aplikasi tertentu, defaultnya adalah kamera.

Untuk menunjang produktifitas, Oppo melengkapi N1 dengan berbagai aplikasi. seperti Kingsoft Office yang bisa digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas kantor, seperti Word, PDF, spreadsheet, dan presentasi. Fungsinya mirip dengan MS Office di PC.

Hardware

Di sisi hardware, N1 dibekali spesifikasi yang tergolong tinggi oleh Oppo untuk menjalankan beragam sistem dan fitur canggih dalam smartphone. N1 memiliki chipset Qualcomm Snapdragon 600 dengan CPU quad-core 1,7 GHz Krait 300, GPU yang didukung Adreno 320 dan memori RAM 2 GB. Spesifikasi ini sudah cukup untuk menjalankan sistem operasi tanpa adanya lag yang berarti. Memutar video HD pun terasa lancar dan file bisa diakses dengan waktu yang cepat.

Skor AntuTu Benchmark Oppo N1

Skor AntuTu Benchmark Oppo N1

Saat dijalankan dengan aplikasi benchmark, Oppo N1 mencatat skor yang tidak begitu mengecewakan. Performanya setara dengan HTC One atau Samsung Galaxy S4. Sementara untuk kinerja GPU dalam menangani grafis, N1 juga tidak mengecewakan dengan mencatat fps 16-24 fps saat digunakan bermain game 3D Max Payne atau game balap Real Racing 3 yang membutuhkan render grafis secara cepat.

Deliusno Bagian atas Oppo N1 dilengkapi dengan kamera putar

Deliusno Bagian atas Oppo N1 dilengkapi dengan kamera putar

Kamera

Fitur yang paling menjadi sorotan dalam Oppo N1 adalah kamera yang bisa dirotasi 206 derajat. Kamera utamanya menggunakan sensor CMOS 1/3,06 inci resolusi 13 megapixel. Diafragma lensa juga memiliki bukaan lebar f/2.0 dengan desain 6 elemen. Pemrosesan gambar ditangani oleh CPU tersendiri, sehingga tidak menggunakan prosesor smartphone. Prosesor yang digunakan untuk kamera N1 dikembangkan bersama dengan Fujitsu.

Hasil foto Oppo N1, kontras namun cenderung soft

Hasil foto Oppo N1, kontras namun cenderung soft

Hasilnya, foto yang diambil dengan Oppo N1 memang memiliki tampilan yang bagus. Warna yang akurat dan kontras tinggi. Namun detil terlihat kurang, dan gambar yang dihasilkan cenderung soft. Bintik gambar (noise) juga terlihat saat digunakan memotret di kondisi minim cahaya.

Rentang dinamis kamera juga tidak begitu memuaskan. Saat memotret dalam ruangan dengan latar belakang yang terang, pengguna harus mengorbankan salah satu exposure, apakah obyek di dalam ruangan atau yang di luar ruangan. Ini menghasilkan foto dengan obyek yang terekspos dengan sempurna namun memiliki latar yang over expose, atau sebaliknya.

Foto macro bisa dilakukan dari jarak dekat, dan efek kedalaman bidang gambarnya terasa, bintik gambar (noise) tetap terlihat walau kondisi cukup cahaya

Foto macro bisa dilakukan dari jarak dekat, dan efek kedalaman bidang gambarnya terasa, bintik gambar (noise) tetap terlihat walau kondisi cukup cahaya

Oppo menutupi kelemahan tersebut dengan memberikan beberapa efek pemotretan sperti Beauty MOde untuk memotret wajah (saat ingin foto selfie), Mode HDR, Panorama, dan Slow Shutter.

Pemotretan jarak dekat (macro) juga bisa ditangani dengan baik. N1 bisa digunakan untuk memotret dari jarak kurang dari 1 cm. Kedalaman bidang gambar juga terlihat dramatis dengan bagian yang tidak fokus terlihat blur.

Audio

Bagi yang suka mendengarkan musik dari smartphone, speaker Oppo N1 yang berada di sisi bawah smartphone mengeluarkan suara yang cukup kencang dengan karakter treble yang mendominasi. Saat memutar musik dengan volume optimal suara yang dihasilkan pun tidak pecah. Menggunakan earphone yang terdapat dalam paket pembelian bisa meningkatkan kualitas suara, terutama mengurangi dominasi treble.

Oppo N1 mendukung format audio MP3, WAV, dan ARM. Bagi penyuka file FLAC, mungkin akan kecewa karena tidak didukung oleh pemutar audio bawaan Oppo N1.

Baterai

Dengan layar yang besar, mungkin pengguna akan mengira jika Oppo N1 akan rakus memakan daya. Namun dalam kenyataannya, baterai Oppo N1 mampu bertahan lumayan lama dibandingkan dengan HTC One atau Galaxy S4. Dengan penggunaan kasual, seperti browsing, chatting, membuka aplikasi sosial media, dan bermain game ringan yang tidak intens, baterai Oppo N1 dengan kapasitas 3610 mAh bisa bertahan selama kurang lebih 9 hingga 11 jam.

Secara keseluruhan, Oppo memiliki keunggulan layar yang lebar dan tajam. Pengguna bisa mengerjakan dokumen, bermain game, atau menonton video dengan nyaman. Fitur kamera yang bisa diputar juga menjadi daya tarik sendiri. Namun sayangnya, N1 tidak memiliki slot microSD sebagai penyimpanan eksternal. Alternatifnya, Oppo menyediakan layanan penyimpanan cloud bagi penggunanya.

Oppo mencoba memikat pengguna smartphone Android dengan fitur kamera putarnya, walau kualitas fotonya masih bisa ditingkatkan. Sistem operasi Color OS juga memberikan cara baru berinteraksi dengan Android.

Oppo N1 dijual di Indonesia dengan harga Rp 6,9 juta dan telah dipasarkan semenjak Desember lalu.

Spesifikasi

  • Dimensi: 170.7 x 82.6 x 9 mm
  • Bobot: 213 g
  • Sistem operasi: Color OS, berbasis Android 4.2
  • Prosesor: Qualcomm Snapdragon 600 Quad Core 1.7 GHz
  • GPU: Adreno 320
  • RAM: 2 GB
  • Penyimpanan: 16 / 32 GB
  • Baterai: 3610 mAh
  • Layar: IPS, 5,9-inch Full HD 1080p (1920 x 1080 pixels), 16 juta warna 377 PPI
  • Kamera: 13 megapixel
  • Flash: Dual-mode LED
  • Diafragma lensa: f/2.0
  • GSM: 850/900/1800/1900MHz
  • WCDMA: 850/900/1700/1900/2100MHz
  • Konektifitas: microUSB, jack 3,5 mm Other, USB OTG, Bluetooth 4.0, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Wi-Fi Display, GPS, NFC

 

TERPOPULER

To Top