CALIFORNIA – “Komputer ini membutuhkan nama yang bagus,” kata Jobs saat mengeluarkan komputer buatannya yang bisa tersambung ke internet. “Kita mempertaruhkan perusahaan pada komputer ini,” lanjutnya dengan penuh harap.

Menurut pendiri Apple itu, tahun 1998, adalah eranya internet mulai menyebar di beberapa negara, meski tak di seluruh dunia. Dan Steve Jobs tak ketinggalan membuat komputer generasi terbaru saat itu, yang dapat terkoneksi ke internet. Tapi kala itu, ia kebingungan saat ingin memberikan nama komputer revolusiner dari Macintosh.

Bagaimana tidak, saat itu komputer desktop sedang dalam era emas dan floppy disk drive menjadi tren untuk menyimpan data. Tapi Jobs melewatkan keping penyimpanan sebesar 3,5 inci itu. Jobs memiliki visi yang lebih jauh di dunia komputer dengan membubuhi CD-ROM untuk instalasi piranti lunak. Komputer tersebut juga tak bisa dirakit ulang atau di-upgrade performanya.

Baca Juga:  Penelitian Gerhana Matahari Dilakukan NASA di Halmahera

Jobs memimpin perundingan pemberian nama, dan maju lebih dulu membawa nama MacMan untuk komputernya. Namun, Jobs bukanlah satu-satunya orang yang berhak memberikan nama pada komputer terbarunya. Pada tahun 1997 Jobs baru saja kembali ke Apple setelah pergi dan bergabung dengan perusahaan NeXT Computers. Ia membawa rekanannya pada perusahaannya yang dulu, Ken Segall, dan turut andil dalam memberikan nama. “iMac,” kata Segall memberikan ide.

(iMac pertama, hadir berbagai warna)
(iMac pertama, hadir berbagai warna)

“Ini adalah Mac yang sangat hebat, ia bisa melakukan banyak hal. Tapi yang pertama dan paling utama, komputer ini bisa membawamu ke dunia internet dalam 10 menit, sekalipun kau belum pernah menggunakan komputer sebelumnya,” jelas Segall. “i” untuk “internet”, komputer Macintosh pertama pabrikan Apple yang bisa tersambung ke dunia maya. Demikian seperti dilansir PhoneArena, Selasa (11/2/2014).

Baca Juga:  Robot yang Tidak Kompeten Akan Dipecat Restoran di Tiongkok

Yang setelahnya, penggunaan kata “i” turut digunakan pada berbagai perangkat pabrikan Apple lainnya seperti iPod, iPhone, dan iPad. Jobs sukses membuat iMac terjual 800 ribu unit hanya dalam 139 hari. Dan ia juga sukses membuat Apple terhindar dari kebangkrutan semenjak ditinggalkannya. Dan tentu saja ia sukses membangun produk lain dengan “i” pada awalannya. [OKZ/HA/IPL]

loading...