Caab SpaGambar rekaan komputer untuk F.i.Co. Eataly World, taman hiburan khusus kuliner yang sedang dibangun di Bologna, Italia.
Caab Spa
Gambar rekaan komputer untuk F.i.Co. Eataly World, taman hiburan khusus kuliner yang sedang dibangun di Bologna, Italia.

[dropcap size=big]E[/dropcap]ataly, jaringan restoran dan makanan Italia, bersama pemerintah kota Bologna akan mengembangkan taman hiburan khusus makanan. Upaya ini merupakan kelanjutan atas serangkaian kemitraan pemerintah-swasta di Italia guna menambah lapangan kerja serta memacu aktivitas ekonomi.

Centro Agro Alimentare yang dikuasai pemerintah Bologna telah menyediakan lahan yang kini mencakup sejumlah gudang tak terpakai. Taman hiburan seluas 80.000 meter persegi itu antara lain akan dilengkapi restoran, toko, laboratorium makanan, dan sebuah gedung akuarium. Proyek ini akan dinamai Fico Eataly World, dengan biaya pengembangan $54,9 juta. Promotor proyek menggambarkan taman hiburan ini sebagai Disneyland-nya penggila kuliner.

Pendanaan bersumber dari lembaga yang dibentuk Prelios SGR, perusahaan pengelolaan dana Italia. Mereka akan berinvestasi dalam proyek Bologna dan kemungkinan di kawasan lain dunia, khususnya Asia. Lembaga pendanaan sejauh ini meraup 85 juta euro dari investor, termasuk Eataly dan bank-bank lokal. Mereka berharap bisa menggalang 400 juta euro, kata Paolo Scordino, CEO Prelios SGR.

Baca Juga:  Saat Memotret Supermoon, Fotografer Ini Tewas di Tempat

“Kami ingin meningkatkan nilai setiap meter persegi,” sahut Scordino. “Tiap meter persegi akan terhubung dengan jalur bisnis. Secara langsung atau tidak langsung, [setiap jengkal lahan] akan menghasilkan pendapatan, seperti halnya taman-taman Disney.”

Langkah Fico Eataly muncul di tengah-tengah upaya perusahaan dan pemerintah Italia membangun beberapa usaha pariwisata dan hiburan. Lewat cara itu, mereka berharap Italia dapat bangkit dari keterpurukan ekonomi. Produk domestik bruto negara itu naik 0,1% pada kuartal IV 2013, penguatan pertama dalam 10 kuartal.

Zamperla Spa
Gambar rekaan komputer menunjukkan rencana taman hiburan di Pulau San Biagio, Venezia, Italia.

Strategi Italia adalah menghidupkan kembali bekas aset real-estate publik menjadi daya tarik wisata, melalui unsur-unsur yang membuat Italia ternama di mata dunia—yakni budaya, sejarah, serta makanan. Lebih dari 46 juta wisatawan menghabiskan $32,1 miliar di Italia pada 2012, menjadikan negara itu sebagai tujuan wisata terpopuler kelima sedunia, menurut data Barometer Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Baca Juga:  Pendiri WikiLeaks Akan Dibebaskan Setelah Pengumuman Panel PBB

Di Venezia, perancang dan operator taman hiburan memburu izin untuk mengubah pulau terbengkalai menjadi taman hiburan. Taman itu akan menjadi bentuk penghargaan terhadap sejarah kota. Antonio Zamperla SpA, yang juga memiliki Luna Park di New York, menyatakan taman di pulau San Biagio itu akan memiliki kincir bianglala setinggi 55 meter dan roller coaster. Selain itu, akan ada pula pameran mengenai sejarah kota serta ekologi setempat.[WSJ/HA/IPL]

Sumber: WSJ

loading...