[dropcap size=big]M[/dropcap]enurut pepatah, rambut adalah sebuah mahkota yang harus diperhatikan karena mahkota (rambut) juga merupakan sebuah identitas yang mencerminkan diri kita. Sayangnya, perlakuan atau perawatan mahkota (rambut) kita ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Hal ini wajar karena rambut pun mempunyai beberapa jenis seperti rambut yang kering, rambut bercabang, rambut berminyak, dan lain-lain.

Akan tetapi, dari sekian banyak permasalahan pada rambut, mungkin yang sangat tidak diharapkan adalah ketika rambut rontok. Ya, jika rambut Anda rontok tentu saja lama kelamaan kebotakan akan terjadi pada kepala Anda. Oleh karena itu, kali ini kami ingin berbagi tips atau cara tentang mengatasi rambut rontok secara alami. Tidak hanya alami, cara mengatasi rambut rontok ini juga hemat biaya karena menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan.

Pada dasarnya rambut rontok merupakan suatu hal yang normal apabila jumlah rambut rontok tersebut masih di kisaran normal. Rambut rontok yang perlu mendapat perhatian khusus adalah ketika Anda mulai menemukan rambut rontok melebihi batas normal (60 – 80 helai) setiap hari. Berikut ini tips ringan untuk mengatasi rambut rontok.

Tidak Mengikat Kencang Rambut

Apakah Anda sering mengikat rambut terlalu kencang? Sebaiknya hindari kebiasaan ini karena ikatan rambut yang terlalu kencang dapat menarik dan melemahkan akar rambut. Hindari juga memakai aksesori rambut yang terlalu berat.

Baca Juga:  Gunakanlah Baking Soda Untuk Singkirkan Komedo

Gunakan Minyak Alami

Pencegahan rambut rontok bisa juga dengan menggunakan minyak alami. Pemakaian minyak zaitun pada rambut, serta minyak kelapa atau minyak argan yang dapat membuat rambut lebih sehat, kuat dan berkilau.

Pakai Kondisioner

Terlalu sering keramas sebenarnya tidak baik untuk rambut. Minyak alami yang dihasilkan kulit kepala untuk melindungi helai rambut akan terkikis oleh shampo. Saat Keramas gunakan selalu kondisioner. Tujuan pemakain kondisioner adalah untuk mengurangi kusut pada rambut dan memudahkan proses menyisir rambut setelah keramas.

Cara Mengatasi (Mencegah) Rambut Rontok Secara Alami

  1. Lidah Buaya

    Anda pasti tau kan dengan tumbuhan yang satu ini? Lidah buaya memang dikenal sebagai sahabat rambut. Dengan kandungan vitamin dan mineral, lidah buaya berguna untuk menyuburkan dan menebalkan rambut sehingga bisa membantu Anda untuk mengatasi rambut rontok dan mencegah kebotakan.Cara penggunanya adalah dengan memotong lidah buaya menjadi dua bagian, kemudian oleskan getahnya pada rambut yang setengah kering. Diamkan selama 15 menit dan kemudian bilas hingga bersih.

  2. Kemiri

    Rempah-rempah yang satu ini selain digunakan sebagai bahan masakan juga bisa membantu mencegah rambut rontok. Kandungan minyak yang terdapat pada kemiri berguna untuk menguatkan akar rambut. Caranya cukup mudah, tumbuk hingga halus sampai keluar minyak. Gunakan minyak kemiri untuk creambath, lakukan sebelum keramas, kemudian bilas dengan air bersih dan gunakan sampo untuk keramas.

  3. Daun Seledri

    Seledri juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Kandungan kalsium, zat besi, natrium, vitamin A dan B berguna untuk stimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat, kuat dan berkilau. Caranya cukup mudah, ambil beberapa batang seledri dan bersihkan secukupnya. Setelah itu blender dengan telur yang sudah di kocok. Setelah semua tercampur rata, oleskan secara perlahan pada rambut sambil dipijat dengan lembut. Diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas.

  4. Kacang Hijau

    Cara mengatasi rambut rontok yang keempat adalah dengan menggunakan kacang hijau. Rendam secangkir kacang hijau selama 1 malam. Kemudian saring dan ambil airnya untuk dioleskan pada kulit kepala sambil kulit kepala dipijat-pijat secara perlahan. Lakukan setiap hari dan ingat, hindari mengikat rambut dengan karet.

Tips dan cara mengatasi rambut rontok di atas akan menunjukkan hasilnya jika Anda lakukan dengan rutin dan tentu saja diimbangi juga dengan gaya hidup yang sehat. Semoga bermanfaat.[HA/IPL]

loading...