HARIANACEH.co.id — Para peneliti mengatakan bahwa konsumsi harian suplemen multivitamin dapat membantu mengurangi risiko katarak pada pria.

Perlu diketahui, katarak merupakan penyakit mata dimana terjadi proses kekeruhan pada sebagian atau seluruh bagian lensa mata.

Penyebab katarak adalah karena faktor usia, kecelakaan, terganggunya metabolisme tubuh akibat penyakit berkepanjangan, bawaan lahir atau bahkan keracunan.

Gejala yang dirasakan oleh penderita katarak adalah penglihatan yang berkabut, silau, bila dilihat dengan bantuan cahaya pada pupil akan terlihat keruh.

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Harvard Medical School ini melibatkan 14.641 dokter pria AS berusia 50 tahun dan yang lebih tua.

Baca Juga:  Ingin Tahu Rahasa Kecantikan Penelope Cruz? Berikut Rahasianya!

Para peserta kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Setengah dari mereka diberi multivitamin umum sehari-hari, vitamin C, vitamin E dan suplemen beta karoten dan setengah lainnya mengonsumsi plasebo.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok yang mengonsumsi multivitamin memiliki risiko lebih rendah terkena katarak.

Namun, para peneliti merasa bahwa temuan ini perlu diteliti lebih lanjut dalam uji coba lain untuk melihat efektivitas pil multivitamin baik pada pria maupun wanita.[Zeenews]

loading...