HARIANACEH.co.id — iPhone 4 merupakan smartphone model lawas dari Apple yang pertama kali diperkenalkan pada 2010 dan masih dijual hingga kini. Hardware tua ponsel pintar tersebut kepayahan dalam menangani sistem operasi mobile terbaru Apple iOS 7.

Nah, pada update iOS 7.1, Apple rupanya menghembuskan “nafas baru” untuk iPhone 4. Melalui serangkaian uji kinerja, situs ArsTechnica menemukan bahwa iPhone 4 ternyata berjalan lebih gegas pada iOS 7.1.

Peningkatan performa itu berlaku untuk hal-hal yang berkaitan dengan sistem operasi yang berjalan di atas iPhone 4, seperti durasi animasi, kecepatan loading aplikasi, dan cold boot.

Selengkapnya bisa dilihat dalam tabel hasil formulasi ArsTechnica di bawah ini, yang mengukur waktu jeda antara saat icon aplikasi ditekan hingga software yang bersangkutan siap menerima input.

Baca Juga:  Laptop Baru HP Spectre Lebih Tipis dari pada Macbook
ArsTechnica
Tabel perbandingan kinerja iPhone 4 dengan iOS 6.1.3, iOS 7, dan iOS 7.1

Dapat dilihat bahwa kinerja iPhone 4 dengan iOS 7.1 secara keseluruhan mengalami peningkatan dibandingkan iOS 7.0, meski masih lebih lamban dibandingkan ketika ponsel yang sama menjalankan iOS 6.1.3 yang lebih lawas.

iOS 7 memang dikenal lebih “berat” dibandingkan iOS 6, antara lain karena penambahan elemen-elemen visual seperti animasi UI dan efek transparansi. Beberapa elemen yang sebenarnya tidak diperlukan ini bisa dimatikan lewat menu Accessibility Option.

Sejumlah fitur baru iOS 7 juga absen pada iPhone 4, seperti kemampuan panorama atau filter real-time pada aplikasi kamera, Airdrop, dan turn-by-turn navigation pada aplikasi Maps. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan hardware dari ponsel lawas tersebut.

Baca Juga:  Laptop Gaming ASUS Kini Gunakan NVIDIA GTX 10 Series

Sumber: ArsTechnica

loading...