HARIANACEH.co.id — Apple dikabarkan sudah memulai produksi chip A8 untuk dipakai di duet perangkat andalan barunya, iPhone 6 dan iPad generasi ke-6. Siapa yang bertanggung jawab menangani manufaktur chip itu?

Jawabannya mungkin adalah rival besar Apple, Samsung. Raksasa elektronik itu dikabarkan telah meneken perjanjian dengan Apple untuk memproduksi prosesor A8 di pabriknya di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Divisi pabrikan chip dari perusahaan Korea ini memang telah menjadi partner eksklusif Apple dalam hal produksi prosesor selama bertahun-tahun.

Belakangan, sekitar pertengahan tahun lalu, muncul kabar bahwa Apple berniat mengalihkan sebagian order produksi chip dari Samsung lantaran bersaing keras dengan divisi mobile perusahaan tersebut di industri gadget. Keputusan itu disinyalir juga ada hubungannya dengan konflik kedua pihak di pengadilan.

Baca Juga:  Di Android, Google Perbarui Tampilan Gmail

Namun kemudian beredar berita bahwa Apple belum bisa lepas dari “ketergantungan” dengan Samsung. Sekarang pun, kalau kabar terbaru yang dilaporkan oleh Cnet ini benar, Samsung masih terlibat dalam produksi chip untuk gadget andalan Apple.

Tapi kini Samsung boleh jadi bukan satu-satunya pihak yang bertanggung jawab atas manufaktur prosesor Apple. Sebelumnya, sebuah pabrikan chip lain, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC) disebutkan telah mendapat kontrak untuk produksi chip A8, A9, dan A9X.

Prosesor A8 disebutkan bakal dipakai di iPhone 6, sementara A9 dan A9X yang masing-masing dibuat dengan teknologi fabrikasi 16nm dan 10nm akan tertanam di gadget Apple yang dijadwalkan rilis pada 2015 dan 2016.

Baca Juga:  Hafizh Quran Aplikasi Tool Menghafal Al Quran

Sumber: CNET

loading...