JAKARTA, HARIANACEH.co.id  — Partai Demokrat mengalami penurunan suara yang sangat tajam berdasarkan hasil survei Lembaga Klimatologi Politik (LKP). Partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu hanya memperoleh 6,7 persen suara jika pemilu digelar saat ini.

“Elektabilitas Partai Demokrat relatif tersendat, cenderung stabil di posisi partai menengah dengan perolehan 5 sampai 7 persen,” kata CEO LKP Usman Rachman saat memaparkan hasil surveinya di Senayan, Jakarta, Kamis (13/3/2014).

Usman menambahkan, konvensi calon presiden yang digelar partai tersebut juga tidak bisa menggenjot elektabilitas partai yang terus merosot dalam beberapa tahun belakangan. “Posisi Demokrat setara atau hanya sedikit di atas partai Islam seperti PKB dan PPP,” ujarnya.

Baca Juga:  KIP Aceh Plenokan Rekapitulasi Dukungan Calon Perseorangan

Dalam survei tersebut, peringkat pertama ditempati PDI Perjuangan memperoleh suara 21,8 persen, disusul Partai Golkar (18,1), Hanura (11,3), Gerindra (11,1), Demokrat (6;7), PKB (5,7), PKS (3,7), PPP (3,5), PAN (3,3), NasDem (3,1), PBB (1,1), dan PKPI (0,3).

Survei ini dilaksanakan pada 26 Februari sampai 6 Maret 2014 di 34 provinsi dengan dengan mengambil sampel sebanyak 1.240 responden melalui teknik multi-stage random sampling.

Margin of error dari survei ini adalah kurang lebih 2,8 persen denga tingkat kepercayaan 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan respondenm dengan bantuan kuisioner.

Survei ini juga dilengkapi dengan analisis media dari 10 surat kabar nasional dan 10 media online nasional.

Baca Juga:  Anak dan Ayah Pengedar Narkoba Ini Dicokok di Bekasi

Sumber: Okezone.com

loading...