HARIANACEH.co.id — Januari lalu, sempat beredar kabar bahwa Microsoft berencana mengizinkan para rekanan produsen ponsel untuk menyatukan sistem operasi Windows Phone dan Android dalam satu perangkat.

Kini, berita terbaru menyebutkan bahwa hal tersebut mungkin akan segera menjadi kenyataan. Dikutip dari Gizmodo, kepala pemasaran Huawei Shao Yang mengatakan pihaknya bakal merilis ponsel berisi kombinasi kedua OS tersebut pada kuartal kedua tahun ini.

Yang menjelaskan bahwa produk tersebut bakal berfungsi layaknya komputer “dual-boot”, di mana pengguna bisa memilih sistem operasi mana yang akan diaktifkan.

Menyatukan Sistem Operasi Windows Phone dan Android

“Soalnya, kalau cuma datang dengan sistem operasi Windows saja, konsumen mungkin tak akan terlalu tertarik membelinya,” ungkap Yang mengenai alasan di balik penggabungan tersebut.

Baca Juga:  Multitasking, Sisi Unggul Android Nougat

Sampel pertama dari produk Huawei itu diperkirakan sudah akan tiba di Amerika Serikat pada permulaan musim semi 2014.

Microsoft belakangan memang terkesan sedang gencar mempromosikan Windows Phone untuk mengejar ketertinggalan dari platform pesaing. Raksasa software ini dikabarkan telah mulai menawarkan lisensi Windows Phone secara cuma-cuma untuk produsen yang berminat.

Microsoft juga sempat disebut menawarkan Windows Phone untuk digunakan bersama di perangkat Android ke sejumlah vendor, antara lan HTC.

Huawei sendiri merupakan salah satu produsen smartphone terbesar di dunia yang menyatakan berkomitmen untuk terus membuat perangkat Windows Phone, kendati Yang menyebutkan bahwa sistem operasi itu masih menjadi “anak bawang”.

“Dibandingkan Android, prioritas untuk Windows Phone masih jauh lebih rendah, tapi masih termasuk dalam salah satu pilihan OS bagi kami,” ujar Yang.

Baca Juga:  Wujud Gambar Samsung Galaxy C5 Beredar di Internet