HARIANACEH.co.id — Pasar saham Asia bergerak naik pada awal perdagangan bursa Rabu. Kondisi ini dipengaruhi aksi investor menyambut data pertumbuhan Australia dan harapan terkait langkah-langkah Bank Sentral Eropa (ECB) terhadap stimulus moneter pekan ini.

Seperti diberitakan CNBC, Rabu 4 Juni 2014, setelah Reserve Bank of Australia menetapkan suku bunga dipertahankan pada tingkat rendah, para trader menunggu dukungan dari data produk domestik bruto untuk kuartal pertama. Kalangan ekonom memperkirakan bahwa ekonomi negara berjuluk Negeri Kangguru itu bakal tumbuh 1 persen pada kuartal pertama tahun ini atau meningkat dari pertumbuhan 0,8 persen pada kuartal keempat tahun lalu.

Pertemuan Bank sentral Eropa pada pekan ini juga mendapat sorotan pelaku pasar. Data yang dirilis Selasa kemarin menunjukkan bahwa inflasi bulan Mei di zona euro menyentuh tingkat paling rendah dalam kurun empat tahun terakhir. Para pengamat meyakini situasi ini dapat menjadi pemicu bagi pembuat kebijakan untuk menentukan langkah-langkah baru terhadap program stimulus.

Baca Juga:  Isu Rush Money Jangan Sampai Mempengaruhi Masyarakat

Indeks Nikkei di bursa Tokyo pagi ini menguat 0,1 persen. Indeks acuan pasar saham Jepang ini diperdagangkan pada level 15.048. Pelemahan mata uang menyebabkan saham Jepang memperpanjang keuntungannya dari capaian rekor tertinggi Selasa kemarin.

Nilai tukar yen jatuh ke level 102,55 terhadap dolar AS pada awal perdagangan sehingga membantu Nikkei naik menembus level 15.000 poin untuk sesi kedua perdagangan berturut-turut.

Sentimen juga meningkat setelah Partai Liberal Demokrat di negara itu mendukung rencana untuk menurunkan tarif pajak korporasi yang sebesar 35 persen. Tarif pajak baru diperkirakan mulai berlaku tahun 2015. Belum dijelaskan secara lebih rinci mengenai berapa kemungkinan besaran pemangkasan tarif pajak tersebut.

Saham otomotif naik di tengah isu pemberitaaan bahwa penjualan mobil di AS melonjak hingga 1,6 juta unit pada bulan Mei, tingkat penjualan tahunan terkuat sejak sebelum krisis keuangan terjadi. saham Nissan Motor dan Mazda Motor naik masing-masing 1 persen.

Baca Juga:  Susi dan Nelayan Beda Pendapat Soal Harga BBM

Sementara itu, indeks S&P ASX 200 di bursa Sydney naik 0,1 persen. Indeks patokan pasar saham Australia ini diperdagangkan pada level 5.475,20.
Pada awal perdagangan hari ini, saham Australia menikmati rebound tipis setelah penutupan bursa Selasa kemarin tercatat turun ke level terendah dalam rekor dua pekan terakhir. Kenaikan moderat ini dipengaruhi laporan data yang menunjukkan bahwa sektor jasa stabil di bulan Mei.

Saham Australand Properti berada dalam sorotan setelah perusahaan menerima tawaran pengambilalihan senilai US$2,41 miliar dari Frasers Centrepoint di Singapura, yang notabene lebih tinggi dari tawaran yang dibuat oleh Stockland pekan lalu.

Saham Penambang emas seperti Evolution Mining dan Kingsgate Consolidated masing-masing melonjak 2 persen. Sedangkan saham Endeavor Mining reli 4 persen.

Pasar saham Korea Selatan ditutup Rabu ini karena libur untuk pemilihan umum regional.

loading...