HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Negara Muslim Ini Obati Penyakit Kanker Pakai Uang Zakat

3

HARIANACEH.co.id — Komunitas Teman Bagi Pasien Kanker (FoCP) mengkampanyekan zakat sebagai alat pengumpulan dana bagi penderita kanker Muslim di Uni Emirat Arab yang tidak mampu mendapatkan pengobatan. Berkat FoCP, sekitar 169 pasien mendapat manfaat dari dana yang dihimpun pada tahun 2013 lalu.

[-“PLWHNIc87lhUzmfGXtfyKifCvPOVGy2q”]Zakat adalah salah satu dari lima rukun Islam. Zakat seperti layaknya utang bagi Muslim yang mampu kepada yang membutuhkan dan besarnya adalah 2,5 persen dari jumlah harta selama setahun. Zakat diberikan kepada orang-orang tertentu yang memenuhi syarat, termasuk mereka yang miskin dan terbebani utang.

Menurut fatwa yang dikeluarkan oleh Komite Fatwa Tetap di Sharjah, Uni Emirat Arab, dana zakat diperbolehkan untuk membantu pasien yang tidak mampu mendapatkan pengobatan.

FoCP dibentuk untuk memberikan bantuan khusus kepada penderita kanker di seluruh wilayah Uni Emirat Arab.

Dana yang terkumpul akan digunakan untuk membiayai semua pengobatan jenis kanker, termasuk kanker payudara, leukemia, kanker paru-paru, prostat dan kanker otak.

Biaya tersebut mencakup biaya pengobatan – terutama biaya kemoterapi dan radiasi lainnya, biaya pengobatan di luar negeri, penyediaan kaki palsu dan peralatan medis lainnya.

Baca juga: Wisata Syariah Malaysia Lebih Maju Ketimbang Indonesia

Setiap pasien yang akan mendapat biaya pengobatan akan diperiksa dan disetujui sesuai dengan peraturan FoCP dan aturan zakat.

Selama 15 tahun terakhir, FoCP telah mendampingi 950 pasien dan keluarganya. Mereka juga mempromosikan kesadaran tentang tanda-tanda dan deteksi gejala awal kanker.

Anggota pendiri FoCP Ameerah Bin Karam mengatakan zakat telah menjadi sumber harapan yang luar biasa bagi ribuan pasien kanker di Uni Emirat Arab. Para pasien kanker tersebut membutuhkan dukungan untuk bisa melewati penyakit yang bisa mengubah hidup mereka ini.

“Kami berterima kasih atas kontribusi signifikan, dan menghargai sumbangan individu dan perusahaan yang peduli dengan kampanye zakat sehingga memungkinkan kita untuk menyelamatkan lebih banyak nyawa,” pungkasnya. (Ism)

loading...