, ,

Wisata Syariah Malaysia Lebih Maju Ketimbang Indonesia

HARIANACEH.co.id — Meski jumlah penduduk muslim tidak sebanyak Indonesia, namun Malaysia sidah lebih dahulu sukses dalam mengembangkan wisata berbasis syariah. Tahun lalu, kementerian pariwisata Malaysia mencatat ada 5,3 juta wisatawan berlibur di Negeri Jiran.

Wisatawan dari negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia, sudah memberikan sumbangan besar bagi pendapatan pemerintah dari sektor pariwisata. Dibandingkan periode yang sama setahun silam, jumlah wisatawan asal negara-negara ASEAN meningkat sebesar 3-5 kali lipat. Sebanyak 1,6 juta turis asal Indonesia tahun lalu menghabiskan waktu liburan di Malaysia.

[-“v3xF3oEooMpGcLUxLQ6sTnKHMl4JoaMX”]Zulkifly Md Said, Direktur Jenderal Pusat Pariwisata Islam Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan Malaysia mengklaim negerinya sudah menjadi tujuan berlibur yang ramah bagi wisatawan muslim.

“Julukan tersebut karena kami sudah menetapkan kriteria standar muslim seperti menyediakan makanan dan dapur halal, sertifikat halal untuk restoran dan hotel,” ujar Zulkifly dalam Forum OKI tentang Pariwisata Islam di Jakarta.

Tidak dapat dipungkiri, kriteria yang ditetapkan tersebut telah membantu pemerintah untuk membangun infrastruktur pariwisata yang lebih baik. Unsur keamanan dan keramahan juga menjadi salah satu faktor yang menarik minat wisatawan berkunjung.

“Fasilitas dalam hotel seperti arah kiblat dan Al Quran dalam kamar hotel sudah mulai direalisasi,” pungkasnya.

Bahkan standar sertifikasi halal untuk hotel sudah diterbitkan oleh Negeri asal Siti Nurhaliza ini sejak tahun 2009. Hingga kini pariwisata syariah bukan hanya menarik minat umat Islam, namun juga wisatawan non muslim.

Selain mengembangkan wisata alam, pemerintah juga berupaya mengembangkan aspek kesehatan berbasis Islam sebagai daya tarik lain. Pusat kesehatan yang menggunakan manajemen berbasis Islam telah didirikan di Malaysia.

“Banyak juga orang Malaysia dan wisatawan non muslim yang berobat ke rumah sakit berbasis Islam. Saat ini sudah ada 24 rumah sakit yang mengantongi sertifikat halal,” tutup Zulkifly.

via dream

loading...

Universal Pictures Percepat Pemutaran Film Terbaru Scarlet Johansson

Wow!, Ilmuwan Temukan 2 Masjid di Dasar Danau Siberia