HARIANACEH.co.id — Para ilmuwan yang tengah mempelajari komposisi spesies di Danau Labynkyr mendapat temuan mengejutkan. Mereka mengklaim menemukan dua buah masjid dan lima belas gereja di dasar danau yang terletak di Siberia tersebut.

[-“h3yl94icWUQLzqVdl2ysyqbOB9jSa7y3”]Seorang peneliti, Dmitry Schiller, sebagaimana dikutip harianaceh.co.id dari laman Tatar Inform, Rabu 4 Juni 2014, mengatakan bangunan-bangunan itu ditemukan di waduk Kuibyshev  –yang juga menjadi bagian dari Danau Labynkyr– pada tahun lalu. Namun temuan itu baru diungkapkan ke publik dalam sebuah konferensi pers, Senin awal pekan ini.

Danau Labynkyr terletak di Republik Sakha, bagian dari Siberia, Rusia. Tempat itu terletak pada wilayah paling dingin di belahan bumi bagian utara. Saking dinginnya, wilayah itu dijuluki “Pole Cold” alias tiang dingin.

Baca Juga:  Benarkah Snapdragon 821 Ditanamkan di Xiaomi Mi 5s?

Namun sayang, Tatar Inform tak menulis apakah para ilmuwan itu merilis gambar atau foto yang menunjukkan keberadaan bangunan-bangunan tersebut atau tidak. Dua masjid dan lima belas gereja di dasar waduk itu juga tidak dijelaskan bagaimana bentuk dan kondisinya.

Yang jelas, para ilmuwan menyelam ke waduk itu untuk mempelajari spesies yang ada di bawah air. Mereka tengah ikut kompetisi “Crystal compass”, sebuah proyek penelitian yang diadakan sejak dua tahun silam. Lomba ini berusaha mengeksplore sistem air di kawasan Artik dan wilayah utara.

via tatar inform

loading...