HARIANACEH.co.id — Meski manusia pada dasarnya sama, kehidupan dan perilaku seks seseorang berbeda-beda. Ada yang jarang melakukannya, atau tidak begitu berhasrat, namun sebaliknya ada pula yang memiliki hasrat tinggi yang mengarahkannya pada (tuntutan) aktivitas tinggi hubungan seks. Yang terakhir ini biasa dikenal dengan hiperseksualitas atau kecanduan seks.

[-“HDOpFaV2rQrdHm3gQWcB1lmTh7MOD9QK”]Lalu, bagaimana tanda seseorang bisa digolongkan sebagai pecandu seks (sex addict)? Pakar seksologi asal Sydney, Tanya Koens menjelaskan, hiperseksualitas adalah sebuah kecanduan terhadap hubungan seks yang bahkan dapat menguasai atau mengambil alih hidup seseorang.

Berikut lima tanda-tandanya, yang jika minimal tiga di antaranya saja Anda alami selama sekitar enam bulan, maka Anda “positif” merupakan salah satu pecandu seks:

  1. Waktu yang Anda habiskan untuk fantasi seksual, maupun desakan atau perilaku untuk hal itu, berulang kali mengganggu target, aktivitas atau kewajiban penting lainnya seperti belajar atau bekerja.

  2. Secara berulang kali Anda mengalami fantasi seksual, atau desakan maupun perilaku terkait itu, saat Anda dalam keadaan mental negatif (bosan, lelah, depresi, emosi).

  3. Secara rutin Anda mengalami fantasi seksual, maupun desakan atau perilaku terkait itu, ketika berhadapan dengan aktivitas atau situasi penuh stres (bisa jadi dengan coba terlibat seks dengan orang asing, atau mencari PSK).

  4. Anda telah coba mengontrol atau mengurangi fantasi seksual, atau desakan maupun perilaku terkait itu, namun tidak kunjung berhasil.

  5. Secara rutin Anda mengalami perilaku seksual itu tanpa peduli dengan risikonya secara fisik maupun emosional terhadap diri sendiri maupun orang lain. (sr)

Baca Juga:  Ini Cara Mencegah Haid yang Tidak Lancar dan Tidak Teratur
loading...