,

Survei Menujukkan Elektabilitas Prabowo-Hatta Naik Karena Partai Demokrat

HARIANACEH.co.id — Lembaga survei Indonesia Research Center (IRC) menyatakan bahwa dukungan Partai Demokrat (PD) bisa menaikkan elektabilitas pasangan calon presiden (capres)-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

“Di atas kertas, dengan bergabungnya tokoh nasional Partai Demokrat, akan menambah energi baru bagi pasangan Prabowo-Hatta,” ungkap Kepala Riset IRC, Yunita Mandolang, melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (5/6/2014).

[-“5jFULOUARS1O2qPxS9cgm5FxH4hVEWng”]Yunita menjelaskan, akumulasi suara secara partai yang mendukung Prabowo-Hatta mencapai 59 persen termasuk PD. Sedangkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) menurutnya hanya mencapai sebesar 40,88 persen.

Diungkapkan Yunita lagi, penghitungan elektabilitas para kandidat capres setiap partai yang masuk kubu Prabowo-Hatta mencapai 47,9 persen, sementara pasangan Jokowi-JK sekitar 42,7 persen. Dia pun menyatakan bahwa prediksi penghitungan itu berdasarkan pada penggabungan elektabilitas para kandidat capres yang diusung setiap partai.

“Contohnya, elektabilitas Koalisi Gerindra menggabungkan elektabilitas Mahfud MD, Gita Wirjawan, dan kandidat lainnya,” ujarnya.

Sehingga dengan demikian, menurut Yunita pula, dukungan PD yang sempat memajukan kandidat capres akan dapat mendongkrak pasangan Prabowo-Hatta. Apalagi, sebagai tambahan menurutnya, sosok Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudyono (SBY) masih memiliki kharisma untuk menggaet masyarakat dalam memilih.

Disebutkan, IRC menggunakan metode dengan cara wawancara terhadap 4.108 pemilih, pada 2.100 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Indonesia. Data pemilih melibatkan lelaki-perempuan seimbang sebanyak 50 persen, demikian juga antara usia di bawah 35 tahun (50 persen) dan usia di atas 36 tahun (50 persen). [Antara]

loading...

Hafizh Quran Aplikasi Tool Menghafal Al Quran

Israel Akan Tambah Ribuan Rumah Pasca Terbentuknya Pemerintahan Palestina Baru