HARIANACEH.co.id — BMW secara telak mengalahkan Audi dalam perlombaan teknologi laser, setelah menjadi pabrikan otomotif pertama di dunia yang menjual mobil berlampu laser.

[-“4SUDVgoX3RaplKopkkIa9CBTKHgQN69q”]Dalam sebuah upacara mewah di Munich, Jerman, Kamis (5/6/2014), BMW menyerahkan kunci kepada delapan pembeli pertama mobil sport BMW i8. Mobil plug-in hybrid itu adalah yang pertama di dunia yang menggunakan teknologi laser pada lampu depan.

Awalnya BMW mengatakan akan meluncurkan i8 pada Agustus mendatang, karena ingin menyempurnakan sejumlah kendala pada penggunaan teknologi laser di mobil tersebut.

Tetapi pada Mei lalu, Audi muncul mengejutkan dengan klaim akan memasang teknologi laser pada mobil sport R8 LMX. Rencananya Audi akan memerkan mobil itu di ajang balap Le Mans, yang digelar 14 Juni di Prancis dan mulai memproduksi masal pada bulan yang sama.

Baca Juga:  Puluhan Ribu Fiat 500L Ditarik Karena “Airbag” Bermasalah

Maka dengan penyerahan kunci kepada delapan pelanggan pertengahan pekan lalu itu, Audi boleh dikatakan telah “KO”.

Lampu laser i8 sendiri diklaim bisa menjangkau jarak 600 meter. Lampu itu juga disebut mengonsumsi energi 30 persen lebih sedikit dari lampu LED biasa, memakan ruang lebih sedikit, dan berbobot lebih ringan.

BMW juga memasang teknologi sensor lalu lintas pada lampu lasernya, sehingga tidak akan membuat silau pengemudi lain yang datang dari arah berlawanan. (Autoexpress.co.uk)

loading...