HARIANACEH.co.id — Toyota Motor Corp akan mulai memproduksi massal mobil bertenaga sel hidrogen mulai pertengahan Desember tahun ini dan mulai menjual kendaraan ramah lingkunan paling anyar itu mulai akhir tahun ini, demikian dilaporkan Japan Times pekan lalu.

[-“BveMuszf8lB2lCvCh17lHkUl1pFif0DS”]Mengutip sumber internal raksasa otomotif Jepang itu,Japan Times melaporkan bahwa di tahap awal Toyota akan memproduksi puluhan unit mobil bertenaga sel hidrogen setiap bulan di pabrik Motomachi, di Perfektur Aichi.

Toyota tampaknya akan menjual mobil itu dengan harga 8 juta yen atau sekitar Rp900 juta. Tetapi pada tahun 2020an rencananya harga akan diturunkan menjadi 3 juta yen (Rp346 juta) seiring dengan rencana untuk menambah kapasitas produksi.

Baca Juga:  Dijual Hanya 100 Unit, Honda CBR250R Champion Edition

Mobil bertenaga hidrogen menggunakan energi listrik yang dihasilkan dari reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen.

Untuk mendukung mobil-mobil bertenaga hidrogen itu, Toyota juga mengatakan akan bekerja sama dengan pihak lain dalam membangun infrastruktur sistem penyediaan hidrogen untuk kendaraan bermotor.

Sebelumnya, pada April lalu Toyota mengatakan baru mulai menjual mobil bertenaga sel hidrogen pada 2015. Purwarupa mobil itu sendiri sudah dipamerkan dalam berbagai kesempatan dan untuk sementara dinamai “2015 FC” (fuel cell). (Japan Times)

loading...