HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Diprediksikan Hari Sabtu Besok di Bakauheni Terjadi Puncak Arus Balik

4

[-“gzmqy8l9ySOOjEqC3bKdLaTC2Tvu83Ft”]HARIANACEH.co.id — Manajer Usaha PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni Lampung Selatan, Heru Purwanto, memprediksi puncak arus balik penumpang usai Lebaran terjadi pada Jumat (1/8/2014) hingga Sabtu (2/8/2014).

Ia mengatakan pemudik yang menyeberangi Selat Sunda dari Merak Banten ke Bakauheni Lampung sebelum Lebaran lalu, akan mulai kembali melayari Selat Sunda kembali ke tempat masing-masing.

Heru memperkirakan puncak kepadatan arus balik akan terjadi pada Jumat hingga Minggu, baik penumpang pejalan kaki, pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat yang akan kembali ke Pulau Jawa.

Saat ini, kata dia, pemudik memang sudah mulai ramai berdatangan namun sebagian besar belum kembali ke Jawa setelah Lebaran ini atau sehari hingga 2-3 hari setelah Lebaran saat ini.

“Arus balik akan padat sampai hari Minggu (3/8/2014) karena Senin (4/8/2014) esok harinya harus masuk kerja kembali,” ujar Heru.

Sepanjang Kamis, pemudik mulai ramai di pelabuhan tersebut yang akan menyeberang Selat Sunda ke Jawa.

Sedangkan pemudik arus balik para pejalan kaki sudah ramai sejak menjelang siang hingga sore hari.

Begitu juga dengan arus balik pemudik pengguna sepeda motor atau roda dua, namun untuk pemudik pengguna roda empat cenderung ramai menjelang sore hingga malam hari.

Sebaliknya, untuk arus balik pejalan kaki pada malam hari terus mengalir namun jumlahnya menurun dibanding pada siang harinya.

loading...