[-“xf4kNyQCtr8cSo4NwK3RQrXXxePIU7Qe”]HARIANACEH.co.id — Akhirnya ketahuan rahasia kehebatan bintang sepak bola Brasil Neymar yang begitu lincah memainkan bola dan tampak mudah mengolahnya.

Hasil dari penelitian pemindaian aktivitas otak Neymar oleh para peneliti ditemukan kalau aktifitas otak pemain yang sempat cedera saat ajang Piala Dunia 2014 itu, ternyata seolah-olah seperti menggunakan auto pilot.

Aktifitas otak Neymar saat sedang bermain bola hanya kurang dari 10 persen tingkat pemain amatir, itu artinya dia tidak perlu banyak berfikir dan anggota tubuhnya seperti secara otomatis bergerak mengikuti arah bola.

Menurut ahli saraf Jepang, Eiichi Naito, hasil scan otak yang dilakukan pada Neymar menunjukkan fungsi otak minimal, saat dia memutar pergelangan kaki yang secara luar biasa alami.

Baca Juga:  Alternatif dari One M9, HTC akan Luncurkan E9

“Hal ini dimungkinkan oleh faktor genetika, dibantu oleh jenis pelatihan yang dia lakukan,” peneliti Eiichi Naito pada, Jumat (1/8/2014).

Penemuan ini dipublikasikan dalam jurnal Frontiers di Swiss Manusia Neuroscience, menyusul serangkaian keterampilan motorik tes dilakukan pada Neymar dan beberapa atlet lainnya di Barcelona pada bulan Februari lalu.

Nait yang aktif di Japan National Institute of Information and Communications Technology, menyimpulkan dalam makalahnya, kalau hasil test memberikan bukti yang berharga jika otak Neymar merekrut sumber daya yang sangat terbatas dari saraf motor-kortikal daerah kaki.

Saat ditanya apakah Neymar Barcelona rekan setimnya Lionel Messi atau Real Madrid Cristiano Ronaldo akan menampilkan hasil tes serupa, Naito menyebut kemungkinan yang mirip.

Baca Juga:  Dishubkominfo Aceh Bersama Dishubkominfo Aceh Timur, Sosialisasi Foss Serta Bimtek Wecore Engine

“Adalah hal wajar untuk menganggap mereka akan menunjukkan tingkat yang sama, berdasarkan gerak kaki dan teknik mereka” kata Naito kepada koran Mainichi Shimbun.