[-“fzSvFS85jlNqmWNP7JpsXCxcLCJvGwcn”]HARIANACEH.co.id — Sarung tinju yang dipakai petinju Muhammad Ali dalam laga tinju legendaris melawan petinju Joe Frazier tahun 1971 akan dilelang. Sarung tinju yang dipakai dalam “pertarungan abad ini” diperkirakan akan terjual hingga 300.000 Dolar atau sekitar Rp3,4 miliar.

Pelelangan digelar oleh rumah lelang Heritage Auctions di ajang Pameran Kolektor Olahraga Nasional di Cleveland, Amerika Serikat. Sebelumnya, Heritage Auctions juga melelang sarung tinju yang dipakai Ali saat memenangkan kejuaraan dunia tinju pertamanya pada tahun 1964. Sarung tinju itu terjual dengan harga Rp9,6 miliar.

“Pertarungan abad ini”, laga tanding pertama dari tiga laga antara Ali dan Frazier digelar di Madison Square Garden, New York, pada tahun 1971. Ketika itu, Frazier adalah pemegang juara dunia tinju kelas berat.

Baca Juga:  Pemain U-23 Terbaik versi Squawka Paul Pogba Namanya

Sebenarnya, Ali sudah memegang gelar itu sejak mengalahkan Sonny Liston pada tahun 1964. Namun, karena menolak ikut wajib militer di era Perang Vietnam, gelar Ali pun dicopot. Ia pun tidak diizinkan lagi untuk bertinju.

Baru pada tahun 1971 izin tinjunya dikembalikan oleh Mahkamah Agung AS. Pertarungan melawan Frazier pada tanggal 8 Maret 1971 adalah pertarungan kedua Ali setelah tiga setengah tahun tidak naik ring.

Pada laga itu, Ali kalah di tangan Frazier. Namun, petinju berjulukan “Si Mulut Besar” itu berhasil membalikkan keadaan di dua laga berikutnya, yakni tahun 1974 di tempat yang sama dan tahun 1975 di Manila, Filipina.