[-“01ScvAk43bWm0lhkZOxpyuGyHIxhl9TS”]HARIANACEH.co.id — Polres Bogor siap menurunkan 500 personel untuk mengatur arus lalu lintas di jalir Puncak.

Kepolisian Resor Bogor, Jawa Barat, mengerahkan 500 personel untuk mengatur arus lalu lintas jalur Puncak guna menghadapi kepadatan arus balik libur Idul Fitri 1435 Hijriah yang diperkirakan terjadi Sabtu (2/8/2014) dan Minggu (3/8/2014).

“Kami akan perkuat personel dengan menurunkan anggota semaksimal mungkin mengatur arus lalu lintas selama masa balik Lebaran,” kata Kapolres Bogor, AKBP Sonny Mulvianto Utomo, di Bogor, Jumat (1/8/2014).

AKBP Sonny memprediksi lalu lintas kawasan Puncak akan mengalami peningkatan pada Sabtu-Minggu seiring dengan arus balik pemudik pengguna sepeda motor yang pulang dari berlibur.

Selain arus balik pemudik bersepeda motor, juga arus balik pengunjung wisata yang sudah berlibur di Puncak akan turun pulang kembali seiring akan mulainya hari kerja.

Baca Juga:  Hakim MK: Banyak Saksi Tak Berkualitas Terkait Sengketa Pilpress

“Personel akan kami siagakan di setiap Pos PAM, dan setiap persimpangan yang ada di sepanjang jalur Puncak,” kata Kapolres.

Untuk mengantisipasi kemacetan, selain mengerahkan personel, Polres Bogor juga membuat pembatas jalan di titik-titik rawan kemacetan seperti di Pasar Cisarua, persimpangan Megamendung, TSI dan Taman Wisata Matahari.

Petugas membuat kanalisasi untuk mobilisasi masyarakat yang beraktivitas di Pasar Cisarua, agar ketika menyeberang tidak satu per satu tetapi bersamaan untuk efisiensi jalan.

Begitu juga dengan di Taman Wisata Matahari, petugas mengatur keluar masuk pengunjung agar tidak mengganggu arus lalu lintas saat padat.

“Kami juga akan memberlakukan sistem satu arah secara situasional dilihat dari kondisi arus lalu lintas,” kata AKBP Sonny.

Ia mengimbau kepada pengendara yang akan melintas di jalur Puncak untuk tetap sabar dalam antrean dan tidak membuat lambungan-lambungan hingga menyebabkan kuncian arus.

Menurut Kapolres, pengendara sepeda motor yang jumlahnya cukup banyak dan kurang tertib yang membuat lambungan serta terjadinya kuncian arus.

Baca Juga:  2,7 Juta KK di Desa Belum Teraliri Listrik

Mengantisipasi hal itu, Polres Bogor juga membuat pembatas jalan di sejumlah titik seperti di TSI, Taman Wisata Matahari, simpang Megamendung, Jati Wangi, Pasir Muncang dan Pasir Angin.

“Kami juga mengimbau pengendara sepeda motor untuk tertib dan sabar saat melintas di jalur Puncak, jangan membuat lambungan karena akan menyebabkan kuncian arus,” kata AKBP Sonny.

Sementara itu, selama hari libur Lebaran, mulai hari H hingga H-4 arus lalu lintas di jalur Puncak mengalami kepadatan yang luar biasa. Puluhan ribu kendaraan melintas di sepanjang jalur tersebut.

Petugas Polres Bogor kerja ekstra mengatur arus lalu lintas mengurai kemacetan arus sampai tengah malam.

Berbeda dari hari-hari sebelumnya, Jumat ini arus lalu lintas di jalur Puncak relatif normal tidak terjadi kepadatan yang menyebabkan kemacetan.