NASIONAL

Di Bandara Kualanamu, Jumlah Penumpang Arus Balik Turun

[-“0I7rchb5iZzbKnALKv58Kk4JdmI4lw39”]HARIANACEH.co.id — Jumlah penumpang arus balik di Bandar Udara Internasional Kualanamu mengalami penurunan jika dibandingkan perayaan pada tahun sebelumnya.

Airport Deputy Manager Bandara Internasional Kualanamu, Djamal Amri, di Medan, Sabtu (2/8/2014), mengatakan, banyaknya hari libur dalam perayaan Lebaran tidak menimbulkan peningkatan sama sekali.

Dari catatan operasional, jumlah penumpang yang berangkat dari Bandara Kualanamu untuk menikmati libur di daerah lain hanya berkisar 29.000 orang per hari.

Jumlah penumpang yang berangkat dari Bandara Kualanamu tersebut menurun sekitar dua persen jika dibandingkan Idul Fitri tahun 2013 yang mencapai 23 ribu orang per hari.

Persentase penurunan penumpang semakin besar untuk keberangkatan internasional dari Bandara Kualanamu yang mencapai sekitar tujuh persen.

“Meski sekarang liburnya cukup panjang, tetapi tidak ada peningkatan penumpang yang berangkat,” katanya.

Peningkatan penumpang hanya terjadi untuk kedatangan yakni tiga persen untuk penerbangan domenstik dan 12 pesawat untuk kedatangan internasional.

Menurunnya jumlah penumpang tersebut diperkirakan karena pengaruh pemilihan presiden yang belum tuntas sehingga banyak masyarakat yang menunggu hasil putusan dari Mahkamah Konstitusi.

Demikian juga dengan waktu libur dalam Idul Fitri 1435 Hijriyah yang berdekatan dengan jadwal dimulainya sekolah sehingga masyarakat membatalkan rencana berlibur ke luar daerah atau luar negeri.

“Disebabkan liburannya berdekatan dengan anak-anak masuk sekolah, mereka enggan bepergian,” ujar Djamal.

TERPOPULER

Keatas