[-“f3TEB4zzLtRSWZV5kd0ASgLcMETtmjpI”]HARIANACEH.co.id — Ribuan kendaraan yang ingin menyeberang ke Pelabuhan Merak menumpuk di Pelabuhan Bakaunei, pada H+5 setelah Hari Raya Idul Fitri 1435 H.

Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Bakauheni, Provinsi Lampung, Sabtu (2/8/2014) dini hari, ribuan kendaraan seperti mobil pribadi, bus dan truk menumpuk di kantung parkir dermaga.

Penumpukan kendaraan ini terlihat di dermaga II, III, IV dan V, karena cuaca buruk yang terjadi di perairan Selat Sunda.

Informasi yang diperoleh dari BMKG kecepatan angin di jalur penyebrangan perairan Selat Sunda saat ini dari Timur-Tenggara 0,5-15 knot dengan ketinggian glombang 0,75-1,5 m, kondisi cuaca saat ini berawan.

Baca Juga:  Denny Indrayana Menghindar Saat Ditanyai Kasus Payment Gateway

Diduga karena cuaca buruk, kapal sulit bersandar di dermaga sehingga terjadi penumpukan kendaraan.

Gelombang arus balik sampai dengan pukul 01.15 WIB terus meningkat dan menambah antrean panjang di sejumlah dermaga.

Beberapa kapal ada yang berhasil bersandar namun membutuhkan waktu yang cukup lama. Kendaraan yang ingin masuk ke kapal pun, saat ini sangat sulit sebab ramdor selalu goyang.

Pemandangan berbeda terjadi pada arus balik kendaraan roda dua yang malam hari ini tidak ada penumpukan. Puncak arus balik untuk pemudik kendaraan roda dua dan pejalan kaki diperkirakan akan terjadi pagi ini.