[-“w8u82YPunKQxwSI0tyQUw2jSUEIYsBiL”]HARIANACEH.co.id — Puncak arus balik pemudik dari Pulau Sumatera menuju Pelabuhan Merak akan terjadi Minggu (3/8/2014) dini hari, karena pekan depan instansi pemerintah, BUMN dan perusahaan swasta sudah masuk kerja.

“Kami yakin pada H+5 lebaran itu akan terjadi puncak arus balik dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung menuju Pelabuhan Merak pada malam hingga dini hari nanti,” kata Manager Operasional PT ASDP Merak Nana Sutisna di Merak, Sabtu (2/8/2014).

Ia mengatakan, diperkirakan penumpang yang sudah kembali ke Pulau Jawa dari Pulau Sumatera sekitar 45 persen atau 283.998 orang.

Sedangkan, sisanya 347.919 orang dilaporkan belum menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung menuju Pelabuhan Merak.

Baca Juga:  Menteri Susi Bertemu Dubes Norwegia Stig Traavik, Ini Dia Alasannya

Saat ini, jumlah total pemudik dari H-1 sampai H-7 yang menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung sekitar 631.917 orang.

“Kami memprediksikan arus balik itu bertambah karena pemudik akan membawa sanak keluarga maupun pembantu rumah tangga,” katanya.

Menurut dia, PT ASDP Merak mengoperasikan sebanyak 28 kapal Ro-Ro dengan target perjalanan dan penyeberangan 94 trip.

Selain itu juga mempercepat kegiatan bongkar muat di pelabuhan untuk mengatasi antrean kendaraan dan penumpukan penupang pejalan kaki.

“Saat ini arus balik di Pelabuhan Merak berjalan lancar dan kondusif,” katanya.

Berdasarkan pantauan, beberapa kendaraan pribadi yang berada di dermaga bisa diseberangkan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung tanpa kepadatan kendaraan maupun penumpukan penumpang pejalan kaki.

Baca Juga:  Inilah Penyebab Terbakarnya Polda Metro Jaya

“Kami menjamin suasana Pelabuhan Merak lancar, aman dan tertib,” katanya.