[-“cdztSwwWIVxmTbGzbtsoGPRizjkJad31”]HARIANACEH.co.id — Layanan arus balik Lebaran di Stasiun Senen Jakarta yang diperkirakan berakhir pada H+7 atau 5 Agustus akhirnya diperpanjang hingga 10 Agustus 2014.

“Guna mengantisipasi lonjakan penumpang maka PT KAI tetap melayani hingga lima hari ke depan dari jadwal semula yakni H+7 Lebaran,” kata Kepala Humas DOP I PT KAI Agus Komaruddin di Jakarta, Sabtu (2/8/2014).

Menurut dia, permintaan tiket mengalami peningkatan dan sudah habis terjual dari 31 Juli hingga 10 Agustus.

Meskipun lonjakan penumpang pada arus balik terus meningkat, namun sebaliknya ribuan penumpang yang ingin mudik juga masih ada.

“Arus balik atau kedatangan pada 2 Agustus H+4 sudah mencapai dua belas ribu lebih penumpang sementara untuk arus mudik atau keberangkatan mencapai sembilan ribu lebih penumpang,” ujar Agus.

Baca Juga:  Kepolisian Menetapkan 95 Tersangka Pembakaran Lahan di Riau

Berdasarkan data, untuk keberangkatan mulai pukul 04.06-14.33 WIB tercatat sebanyak 12.462 penumpang diangkut dengan 10 rangkaian kereta api reguler, tujuh berasal dari dari Stasiun Senen, dua dari Stasiun Tanjung Priok dan satu dari Merak.

Sementara untuk kedatangan mulai pukul 00.06-14.33 WIB tercatat sebayak 9.462 ribu penumpang dengan 15 rangkain reguler dan lima kereta tambahan. Data keberangkatan dan kedatangan tersebut tercatat di Stasiun Senen.

Data sebelumnya pertanggal 1 Agustus atau H+3 jumlah kedatangan mencapai 18.024 ribu penumpang sementara keberangkatan mencapai 19.011 penumpang.

“Kami sudah menyiapkan tempat duduk per harinya sebanyak 35.444 dengan 54 rangkaian kereta api dan 14 tambahan. Itu bisa lebih karena masih ada tiket infal usia tiga tahun,” sebutnya.

Dibandingkan dengan tahun lalu, kata dia, ada kenaikan hingga tujuh persen. “Untuk tahun 2013 tercatat penumpang sebanyak 471.320 sementara tahun ini mencapai 505.927 penumpang,”tandasnya.

Baca Juga:  Pungli Juga Terjadi di Pelayanan SIM Keliling

Sementara itu berdasarkan pantauan hingga pukul 18.00 WIB suasana keamanan di Stasiun Senen masih kondusif. Penumpang terlihat padat baik yang ingin mudik maupun sudah balik.

Sejumlah petugas dari Polisi dan TNI terlihat berjaga-jaga di setiap sudut yang dianggap rawan bahkan sesekali mereka membantu pemudik di stasiun tersebut yang terlihat kesusahan membawa barang.

Sementara di pos kesehatan petugas jaga terlihat sibuk memberikan pengobatan ringan ke beberapa penumpang yang terlihat kelelahan dan beberapa penumpang lainnya istirahat guna melanjutkan perjalanan.

“Pelayanan petugas di sini sangat baik, rencananya kami sekeluarga baru mau mudik ke Surabaya karena baru dapat tiket, kemungkinan balik ke Jakarta lagi minggu depan.” kata Sumarni, calon penumpang, saat ditemui di pos kesehatan Stasiun Senen.