[-“8NH4NMFJ7mrKET57qmusKhGnnG3WSBu6”]HARIANACEH.co.id — PT Kereta Api Indonesia mengerahkan sejumlah tenaga paramedis yang berkeliling di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan memasuki arus balik.

“Tenaga paramedis yang berkeliling itu bertugas memantau penumpang yang sewaktu-waktu mengalami gangguan kesehatan,” kata Penanggungjawab Posko Kesehatan Stasiun Gambir Mahar Hidayat di kantor pelayanan kesehatan Stasiun Gambir, Sabtu (2/8/2014)

Mahar mengatakan, memasuki arus balik ini keadaan stasiun menjadi padat, sehingga kesehatan para pengguna kereta berpotensi menurun akibat berdesakan.

Selain itu, penurunan kesehatan tersebut juga dapat disebabkan kelelahan yang dialami para penumpang selama perjalanan serta mengangkut barang dengan beban yang berat.

Baca Juga:  Heboh, Lambang Palu Arit di Uang Rp 100 Ribu

“Bagi pengguna kereta yang memiliki keluhan kesehatan, dapat langsung menghubungi petugas paramedis yang kami sediakan,” ujar Mahar.

Menurut Mahar, para petugas tersebut dapat segera mengarahkan penumpang ke posko kesehatan Stasiun Gambir yang berada di lantai dasar stasiun itu.

Selain itu, apabila penumpang kereta membutuhkan perawatan khusus, para petugas juga dapat mengantarkannya ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pengobatan.

Ia menambahkan, pelayanan ini ditujukan agar para penumpang bisa mendapatkan pengobatan secara lebih mudah dan cepat.

Hingga H+4 Lebaran, terdapat tujuh petugas paramedis yang memberikan pelayanan kesehatan bagi penumpang setiap harinya.

Ketujuh petugas tersebut dihadirkan dari kerja sama antara PT KAI dan Puskesmas Gambir yang terletak di jalan Tanah Abang I, Jakarta Pusat. Para petugas tersebut terdiri dari satu dokter dan enam perawat.

Baca Juga:  Kemenhub Periksa Otoritas Bandara Untuk Cegah Perubahan Jadwal Terbang

Menurut Mahar, pelayanan petugas paramedis keliling ini akan diadakan hingga 8 Agustus 2014 mendatang.