[-“paYJhqe1OuHjMuwfzY6gu0K3fODAWQLO”]HARIANACEH.co.id — Hari ini, 51 tahun yang lalu, James Alan Hetfield lahir di Downey, California, Amerika Serikat. Lelaki yang lebih dikenal sebagai James Hetfield itu adalah frontman band cadas asal negeri Abang Sam, Metallica.

Hetfield, yang mengambil posisi sebagai vokalis merangkap gitaris rhythm itu, juga salah satu pendiri band beraliran heavy metal tersebut. Hetfield adalah musisi berdarah campuran Jerman, Inggris, Irlandia, dan Skotlandia yang lahir dari dari pasangan Cynthia Bassett dan Virgil Lee Hetfield.

Hetfield sudah belajar musik sejak usia 9 tahun. Alat musik pertama yang ia tekuni adalah piano. Baru setelah itu, ia mulai menggebuk drum dan akhirnya jatuh hati pada gitar pada usia 14 tahun. Hetfield mengakui, dirinya tertarik pada instrumen berdawai enam itu sejak mendengarkan musik band rock Aerosmith.

Selain Aerosmith, Hetfield juga terinspirasi oleh Deep Purple, Led Zeppelin, Queen, Black Sabbath, Iron Maiden, AC/DC, Kiss, Alice Cooper, Ramones, Sex Pistols, Judas Priest, dan beberapa lainnya.

Baca Juga:  Deretan Film Hollywood yang Rilis pada Bulan Ini

Pada tahun 1981, Hetfield membaca iklan di surat kabar Los Angeles The Recycler yang mencari seorang musisi untuk membentuk band. Si pemasang iklan itu tak lain adalah Lars Ulrich, musisi yang kelak menjadi drummer Metallica. Hetfield pun menjawab iklan itu dan akhirnya membentuk Metallica bersama Ulrich. Setelah beberapa kali melakukan bongkar pasang pemain, akhirnya terbentuklah formasi awal yang terdiri atas Hetfield (vokal dan gitar rhythm), Ulrich (drum), Dave Mustaine (lead guitar), dan Ron McGovney (bass). Awalnya, Hetfield menamai aliran musik mereka sebagai Power Metal.

Sayang, formasi itu tak abadi. Mustaine didepak dari Metallica lantaran tak bisa melepaskan kecanduannya terhadap alkohol. Posisinya digantikan oleh Kirk Hammett, mantan gitaris Exodus yang hingga kini masih setia bersama Metallica.

Sepanjang, perjalanan konser Metallica, Hetfield kerap mengalami kecelakaan di panggung. Yang paling parah adalah ketika zat kimia pyrotechnics meledak dalam konser bersama Guns N’ Roses di Montreal, Kanada tahun 1992. Kala itu, Hetfield mengalami luka bakar di bagian kiri tubuh, tangan, dan alisnya. Akibat cedera itu Hetfield terpaksa hanya menyanyi tanpa bermain gitar dan digantikan oleh John Marshall, asisten sekaligus teknisi gitarnya.

Baca Juga:  Pamela Anderson Gugat Suami setelah Diludahi saat Bercinta

Tak cuma itu. Hetfield juga pernah mengalami komplikasi pada pita suaranya gara-gara membawakan So What?, lagu band punk asal Inggris, Anti-Nowhere League. Akibatnya, Hetfield terpaksa ikut les vokal. Ia harus melakukan pemanasan suara mengikuti nada piano yang direkam pelatih vokalnya di dalam kaset. Konon, sampai sekarang, Hetfield masih memakai kaset itu sebelum konser dan rekaman Metallica.

Pada tahun 2001, Hetfield menjalani rehabilitasi atas ketergantungan alkoholnya. Ia kembali bergabung dengan Metallica setelah tujuh bulan rehabilitasi. Kini, Hetfield sudah bebas dari alkohol dan menjalani hidup sehat.

Selain menggeluti dunia musik, lelaki yang banyak memiliki tato di tubuhnya itu juga menggemari dunia otomotif, berburu, dan olahraga skateboard. Hetfield menikah dengan Francesca Tomasi pada 17 Agustus 1997. Dari pernikahannya dengan Francesca, Hetfield memiliki tiga anak, Cali, Castor, dan Marcella.