HARIANACEH.co.id — Belasan kebakaran yang terjadi di California Utara membuat Gubernur Jerry Brown menetapkan status gawat darurat. Suhu udara yang panas serta kekeringan yang berkepanjangan membuat ribuan hektar hutan di California dilanda kebakaran.

[-“8kQ5j3P1dbgqJcMjVRCJ4In9rigkyJ1x”]Kebakaran hutan itu tidak hanya melanda California tetapi juga Oregon. Brown sudah mengalokasikan dana untuk memerangi kebakaran hutan tersebut yang pertama kali berasal dari negara bagian Oregon. Tiga kebakaran hutan di California terjadi karena petir.

Kebakaran hutan ini telah membuat warga di empat kota dievakuasi. Pihak pemadam kebakaran kesulitan untuk memadamkan api yang membakar ribuan hektar area hutan. Garda Nasional ikut membantu pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

Baca Juga:  Demam Obama Melanda Kenya

Pesawat militer C-130J juga diturunkan untuk membantu proses pemadaman.

“Pesawat itu menyiram 3.000 galon air yang bisa memperlambat penyebaran api,” kata Bill Wilson, pilot Garda Nasional.

Selain dilakukan dari udara, upaya pemadaman api juga dilakukan dari darat. Saat ini, baru sekitar 25 persen kebakaran hutan yang berhasil diatasi.

“Alam sepertinya punya tendensi untuk memiliki rancangan tersendiri di mana api akan berkobar. Sebagian besar api ini justru terjadi karena sambaran petir,” jelas Wilson.

Kebakaran hutan itu juga telah membuat hangus delapan rumah yang dekat lokasi. Warga yang berada di dekat hutan yang mengalami kebakaran sudah ditampung di tempat penampungan sementara.