GADGET

Generasi Muda Saat Ini Mayoritas Dilanda “Nomophobia”

[-“2xqA2UqciRcoHqQg0XdO2pz2eIhnikE9”]HARIANACEH.co.id — Apakah anda rutin mengecek notifikasi di telepon genggam anda atau sering tidak fokus kerja karena tidak membawa telepon genggam. Apabila hal itu terjadi pada diri anda, kemungkinan besar anda menderita nomophobia yaitu phobia karena ketergantungan terhadap telepon genggam.

Telegraph menulis, phobia tersebut pertama kali muncul empat tahun lalu saat sebuah studi yang dilakukan di Inggris Raya mengungkapkan bahwa 53 persen responden mengalami rasa takut karena tidak berada di dekat telepon genggam.

Dengan semakin majunya teknologi, telepon genggam khususnya telepon pintar menjadi bagian penting dari kehidupan manusia saat ini. Karena itu, tidak heran apabila nomophobiamempengaruhi banyak orang terutama generasi muda.

Berdasarkan survei yang dilakukan Huffpost/YouGov pada September 2013, 64 persen penggunaan telepon pintar berusia antara 18-29 tahun mengakui bahwa mereka tidur dengan membawa smartphone atau tablet ke tempat tidur.

Sedangkan survei lain yang dilakukan oleh Harris Interactive mengungkapkan, 63 persen responden selalu mengecek smartphone paling sedikit satu kali tiap jam.

Selain itu, 63 persen responden juga merasa kesal apabila ketinggalan telepon pintar di rumah. 97 persen responden juga mengaku selalu mengecek smartphone apabila tengah bersama keluarga atau teman.

Dr. David Greenfield, asisten professor di University of Connecticut School of Medicine mengatakan, kecanduan terhadap telepon pintar  sama dengan kecanduan lainnya yang melibatkan hormon dopamine. Hormon itu mengontrol pusat otak.

“Setiap kali ada notifikasi di smartphone maka hormon dopamine memberitahu anda bahwa notifikasi itu terkait dengan diri anda, apakah notifikasi itu berupa pesan pendek, atau surat elektronik,” kata David.

Inilah ciri-ciri orang terkena nomophobia:

  1. Mempunyai lebih dari satu gadget
  2. Menghabiskan waktu cukup lama dengan smartphone
  3. Selalu membawa charger ke mana pun pergi
  4. Merasa grogi apabila tidak membawa smartphone atau ketika baterei smartphone habis
  5. Punya keinginan untuk selalu mengecek notifikasi
  6. Lebih memilih berkomunikasi dengan orang lain melalui telepon dan menghindari pertemuan langsung
  7. Tagihan telepon yang membengkak

 

TERPOPULER

Keatas