[-“dGhktTsXh95dd3qs9gJXAU1fZMBTQhiJ”]HARIANACEH.co.id — Kementerian Perhubungan mencatat tingkat kecelakaan dari H-6 sampai H+5 mencapai 2.741 kejadian dengan korban meninggal dunia mencapai 538 orang.

Walaupun diakui tren kecelakaan terus menurun dibandingkan tahun 2013 yang mencapai 3.200 kejadian dengan 686 korban meninggal dunia, hal itu tetap menjadi catatan untuk mengevaluasi kinerja untuk arus mudik dan balik lebaran tahun depan.

Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan, dilihat dari kejadian menonjol, hanya angkutan jasa kereta api yang tidak mengalami masalah dengan angka penjualan tiket paling banyak

“Berarti masyarakat sudah sadar untuk menggunakan jasa kereta api saat mudik ketimbang menggunakan sepeda motor, karena sepeda motor merupakan angkutan lebaran yang paling banyak mengalami kecelakaan,” ujar Mangindaan, di Gedung Kemenhub, Jakarta Pusat, Senin (4/08/2014).

Baca Juga:  Untuk Jaga Keamankan Pelantikan Jokowi, Hampir 25 Ribu Polisi Diturunkan

Dia menambahkan, untuk itu Kemenhub akan mengevaluasi kinerja untuk arus mudik dan balik tahun depan, demi kenyamanan masyarakat dengan menambah armada kereta api dan progam mudik gratis untuk lebaran tahun depan.

“Evaluasinya, kita akan menambah armada kereta api dan beberapa progam mudik gratis yang menggunakan angkutan laut jasa moda kapal laut bagi masyarakat untuk arus mudik dan balik lebaran tahun depan,” ungkapnya.