HARIANACEH.co.id — Hari ini, 53 tahun yang lalu, Barack Hussein Obama II lahir di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat (AS). Barack Obama adalah Presiden Amerika Serikat ke-44 yang masih menjabat hingga saat ini.

[-“VXXQT4rdjvUMuXFiLFVfusZVj2hqzHiZ”]Lelaki yang dikenal dengan senyum lebarnya itu merupakan warga etnis Afrika-Amerika pertama yang menjadi presiden negara adikuasa tersebut. Obama sudah dua kali menjabat sebagai Presiden negara Abang Sam. Dirinya pertama kali menjabat sebagai Presiden AS pada tahun 2009, usai mengalahkan kandidat capres dari Partai Republik, John McCain. Dia kembali terpilih menjadi orang nomor satu di AS pada tahun 2012, setelah unggul dalam perolehan suara dibandingkan pesaingnya politisi Partai Republik, Mitt Romney.

Selama menjabat sebagai presiden, Obama menelurkan banyak kebijakan dalam berbagai bidang. Salah satu yang paling menonjol dan paling banyak dibicarakan adalah Obamacare, kebijakan peningkatan jaminan kesehatan bagi masyarakat. Saat menjabat, Obama juga sukses memerintahkan operasi militer yang menewaskan buronan teroris paling dicari, Osama bin Laden, orang yang diyakini AS sebagai otak aksi terorisme 11 September 2001.

Baca Juga:  Proses Multiple Entry Visa Dipermudah Kedubes Korsel

Penggemar musik blues yang juga mengidolakan penyanyi seksi Katy Perry itu dikenal pula suka “blusukan”. Beberapa kali, Obama secara tiba-tiba mengajak staf Gedung Putih untuk berjalan kaki membeli secangkir kopi tak jauh dari istana. Kabarnya, aksi yang sempat membuat pengawal pribadinya kelabakan itu dilakukan untuk menginspeksi secara langsung penegakan aturan pengupahan minimal tenaga kerja di kedai dan restoran.

Presiden yang pernah menuai kritik gara-gara nekat “selfie” di pemakaman pemimpin Afrika Selatan Nelson Mandela itu dinobatkan sebagai satu dari 10 presiden AS terbaik versi majalah Newsweek. Obama berada di urutan ke-10 di belakang Franklin D. Roosevelt, Theodore Roosevelt, Lyndon Johnson, Woodrow Wilson, Harry Truman, John F. Kennedy, Dwight Eisenhower, Bill Clinton, dan Ronald Reagan.

Obama lahir dari pasangan Stanley Ann Dunham, perempuan asal Kansas yang memiliki leluhur dari Inggris, dengan Barack Obama, Sr, seorang lelaki suku Luo dari Kenya. Ayah dan ibu Obama bertemu saat keduanya kuliah di University of Hawai’i. Namun, keduanya bercerai pada tahun 1964.

Baca Juga:  Negara Ini Malah Justru Melarang Warganya untuk Tersenyum

Ibu Obama lalu bertemu dengan Lolo Sutoro, mahasiswa Indonesia yang kuliah di Hawaii. Keduanya menikah tahun 1965 lalu pindah ke Jakarta pada tahun 1967. Obama pun turut diboyong. Obama tinggal bersama ibu, ayah tiri dan saudara tirinya di kawasan Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. Obama sempat empat tahun bersekolah di Sekolah Katholik Santo Fransiskus Asisi dan SDN Menteng 01 selama satu setengah tahun.

Tak heran, Obama sedikit banyak tahu Bahasa Indonesia. Hal itu ditunjukkannya saat berpidato di hadapan mahasiswa Universitas Indonesia pada tahun 2010 silam. Kala itu, Obama menyampaikan sekelumit kisahnya saat hidup dan bersekolah di Jakarta. Tentu Anda masih ingat bagaimana Obama fasih menirukan penjual sate dan bakso menjajakan dagangannya. Masa kecil Obama di Jakarta juga pernah diangkat ke layar lebar oleh sutradara Indonesia Damien Dematra. Film berjudul Obama Anak Menteng itu diangkat dari novel berjudul sama yang juga ditulis oleh Damien.