HARIANACEH.co.id — Mengelola keuangan itu gampang-gampang susah. Sedikit kurang perhitungan, bisa berabe. Anda bisa terjebak dalam sistem gali lubang tutup lubang. Dan jika ini terjadi, Anda bisa frustasi.

Jadi jika tak ingin itu menimpa Anda ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Salah satunya adalah ‘mengorganisir’ pengeluaran Anda. Namun kebanyakan dari laki-laki tidak mengatur keuangannya, dan banyak menghabiskan uangnya pada hal-hal menyenangkan saat ini.

Berbeda dengan kaun Hawa, yang lebih cermat untuk setiap pengeluaran. Mereka tak ingin ada pengeluaran yang sia-sia. Jadi luangkan waktu untuk memperbaiki keuangan Anda. Dan jangan terkejut jika Anda bebas dari kebingungan saat akhir bulan. Atau bahkan tabungan Anda akan meningkat secara dramatis.

Jadi berikut 10 perbaikan keuangan cepat untuk membantu Anda mengelola pendapatan Anda.

1. Membayar utang.

Jika Anda terbebani bunga kartu kredit, lebih masuk akal membayar lunas semua tagihan kartu kredit. Ini akan membebaskan Anda dari beban bunga, sekaligus membuka  kesempatan untuk membayar kembali pokok utang tanpa biaya tambahan. Ingat bunga cenderung meroket pada akhir periode promosi, jadi pastikan Anda melunasi tagihan sebelum hal ini terjadi.

2. Mengalihkan utang.

Beberapa bank menghukum berat pelanggan yang tidak sengaja masuk ke ‘klausul’ yang tidak diatur sebelumnya. Jika Anda menjadi tekor karena hal ini, Anda bisa beralih ke bank yang menawarkan penawaran yang lebih baik.

Baca Juga:  Tangkal Flu di Musim Hujan, Ini Dia Kiat Praktisnya

3. Kurangi tagihan pajak.

Pastikan Anda menyelamatkan sebagian besar penghasilan Anda, dari semua potongan pajak . Ini tidak berarti Anda mengemplang pajak, tetapi hanya menghindari sejumlah potongan yang tak perlu.

4. Membandingkan harga.

Kini tersedia banyak website yang memungkinkan seseorang membandingkan ratusan produk guna memilih yang terbaik.
Apakah Anda sedang mencari untuk membeli asuransi mobil, kartu kredit atau bundel broadband, biasanya ada perbedaan besar antara penyedia termurah dan paling mahal, sehingga jangan ragu untuk mencari penawaran terbaik.

5. Mendaftar kartu anggota.

Kini banyak pengecer, restoran dan supermarket menawarkan reward pada mereka yang menjadi ‘member-nya’. Banyak manfaat yang bisa diambil dari kartu anggota, seperti penawaran khusus ataupun potongan harga.

6. Batalkan debet langsung yang tidak perlu.

Jika Anda tidak secara teratur membaca pernyataan bank, Anda dapat mudah kehilangan uang dengan debet langsung. Mengecek kembali laporan bulanan Anda dapat membantu mencegah pembayaran yang tidak perlu ini.

7. Dapatkan layanan telepon/internet yang paling kompetitif.

Mungkin agak sulit menemukan yang tepat. Jadi luangkan waktu untuk mengecek tagihan telepon untuk memastikan penggunaannya sesuai dengan paket yang Anda ambil. Jika tidak sesuai, Anda bisa mencari kesepakatan yang lebih sesuai.

Baca Juga:  Wow, Di Pantai Brasil LeBron James Pamer “Body”

8. Gunakan aplikasi keuangan pribadi.

Aplikasi keuangan pribadi dapat membantu Anda melacak kemana Anda membelanjakan uang Anda. Cara ini dapat memudahkan di mana Anda dapat melakukan penghematan. Kini tersedia banyak aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengelola keuangan dan bahkan menyarankan langkah yang tepat untuk menginvestasikan uang Anda. Ini akan sangat berguna jika Anda termasuk orang yang cenderung berutang dan membelanjakan lebih dari penghasilan Anda. Juga buat Anda yang sedang menabung untuk membeli sesuatu yang besar.

9. Jangan malu untuk menawar.

Penelitian membuktikan, menawar dapat mengurangi kelebihan biaya untuk produk dan jasa. Namun, banyak orang kini malu untuk melakukannya. Padahal Anda dapat menegosiasikan jasa, menawar saat berbelanja di pengecer, dealer mobil, agen perjalanan dan banyak penyedia layanan lainnya.

10. Susun rencana belanja di awal bulan.

Beban seperti premi asuransi mobil, biaya keanggotaan gym dan sebagainya akan lebih murah jika Anda membayar tahunan bukan bulanan. Cara ini juga bisa membuat Anda  memiliki cukup uang untuk disimpan. Anda juga bisa membeli produk yang sering dibutuhkan sekaligus dalam jumlah besar. Ini akan memberikan kemungkinan untuk melakukan penghematan besar.

loading...