[-“HnhCKMQ4tzoqQFQDwvcyTvKnHHwoalew”]HARIANACEH.co.id — Kepala Staf Rumah Transisi Rini Sumarno mengatakan saat ini tengah mempersiapkan potensi dan talen yang ada di republik ini untuk ditempatkan menjadi calon menteri dalam kabinet Jokowi-JK.

Meski belum ada kriteria calon, namun menurut Rini, Jokowi menekankan para calon mesti orang yang tepat menduduki posisi kementerian.

“Seperti yang beliau (Jokowi) katakan, the right man in the right place, the right woman in the right place,” kata Rini di Rumah Transisi, Jalan Situbondo nomor 10, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (4/8/2014).

Rini menyatakan, tidak menargetkan pengumpulan nama-nama ini. Rini hanya mengatakan, tugas mereka akan digenjot hingga akhir september.

Baca Juga:  MUI Sifatkan Grafatar Sesat dan Menyesatkan

Dalam menjalani tugas ini, Rini dibantu oleh empat orang deputi, yaitu Anis Baswedan, Andi Widjajanto, Akbar Faisal, dan Hasto Kristyanto. Keempat ini nantinya akan membidangi divisi masing-masing. Namun, Rini mengatakan belum ada pembagian divisi yang tepat.

“Kita sudah dibicarakan mungkin harus diperdalam lagi jadi kita harus memfinalisasikan,” katanya.

Namun, Rini menekankan, pihaknya hanya memberikan masukan. Untuk urusan kabinet nanti, semuanya diserahkan kepada Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi). Sebab, itu merupakan hak prerogatif presiden.

“Untuk kabinet itu preogratif dari presiden dari Bapak Jokowi yang mempunyai preogratif menentukan menteri-menterinya berdasarkan UU,” ujar Rini.