[-“1kewYdoOxduJNDnkIiFUunwDFoe1Fcwo”]HARIANACEH.co.id — Perancang busana Belanda, Pauline van Dongen berhasil mengembangkan busana masa depan yang dilengkapi dengan panel sinar matahari. Item busana berteknologi tinggi ini mampu menghasilkan daya listrik sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengisi baterai ponselnya.

Van Dongen, menjelaskan ide ini lahir dari kondisi mutakhir, di mana semakin banyak orang yang bergantung pada smartphone. “Kita ingin smartphone kita bisa  bekerja terus-menerus, sehingga berharap bateri smartphone selalu penuh terisi,” ujarnya.

Prototipe gaun berteknologi tinggi ini, sudah dipamerkan di Northside Festival, yang berlangsung di Brooklyn, New York sebulan lalu. Sayang tidak dijelaskan secara rinci, kapan gaun ini akan dipasarkan secara luas, serta berapa berapa lama dapat mengisi baterai smartphone.

Baca Juga:  Snapchat Hentikan Layanan Lenses Lebih Ingin Fokus di Iklan

Panel surya telah lama digunakan dalam industri fashion. Pada tahun 2011, misalnya, studio desain Denmark, Diffus mulai menjual tas tangan cerdas yang dilengkapi dengan panel surya yang mampu menghasilkan daya listrik 2 watt dalam satu hari. Mungkin tak terlalu besar tetapi cukup untuk memenuhi kebutuhan daya sejumlah perangkat. Untuk tujuan ini, tas ini dilengkapi dengan 100 manik-manik sel surya kecil yang menyerap sinar matahari.

Pada malam hari atau kondisi cahaya rendah, semua listrik yang tersimpan dikirim ke serat optik di dalam tas, “menyoroti” lingkungan sekitarnya. Pada tahun 2009 studio desain yang sama memamerkan Iklim Dress dengan ratusan LED yang dijahit ke kain.

Baca Juga:  Lollipop Akhirnya Jadi Sistem Operasi Android Terpopuler