HARIANACEH.co.id — Hari ini, 84 tahun yang lalu, Neil Armstrong lahir di Wapakoneta, Ohio, Amerika Serikat. Armstrong adalah manusia pertama yang menginjakkan kakinya di Bulan.

Sebelum menjadi astronot dan terbang ke Bulan, Armstrong adalah perwira Angkatan Laut Amerika Serikat dan pernah diterjunkan di Perang Korea tahun 1950-1953. Pascaperang, Armstrong bekerja di sebuah badan riset penerbangan.

[-“nfCRg2ubF9xVmo3xz7yH1f4qK68QWdNj”]Armstrong lalu bergabung dalam Korps Astronot Badan Aeronautika dan Luar Angkasa Nasional Amerika Serikat (NASA) pada tahun 1962. Armstrong pertama kali terbang ke luar angkasa ketika menjadi pilot misi Gemini 8.

Baru pada tahun 1966, bersama Edwin Aldrin dan Michael Collins, Armstrong berangkat ke bulan dalam misi Apollo 11. Ada satu kutipan Armstrong yang menjadi sangat terkenal saat dirinya hendak melangkahkan kaki di Bulan: “Satu langkah kecil bagi seorang manusia, satu lompatan besar bagi umat manusia”.

Sejak keeberhasilan misi tersebut, Neil Armstrong dianggap sebagai pahlawan Amerika Serikat. Beragam penghargaan diraihnya. Popularitasnya pun meroket bak selebritis. Namun, lelaki blasteran Skotlandia, Irlandia, dan Jerman itu tetap rendah hati, bahkan cenderung menghindari publikasi. Armstrong tutup usia pada 25 Agustus 2012 akibat komplikasi yang dialami setelah menjalani operasi bedah jantung.

Baca Juga:  Ini Dia Para Tokoh Ilmuwan Muslim Yang Dilupakan Dunia

Ada beberapa hal unik dan menarik sepanjang sejarah perjalanan hidup Armstrong. Berikut ini hanyalah beberapa di antaranya.

  1. Armstrong adalah orang yang sangat rendah hati. Ia tidak suka “menjual diri” karena popularitasnya yang melonjak pascapendaratan di Bulan. Seorang senator negara bagian Ohio pernah berkata, “Ia adalah orang yang rendah hati, dan tetap seperti itu setelah pendaratannya di bulan, sama seperti sebelumnya”.

  2. Setelah tahun 1994, Armstrong menolak memberi tandatangan. Pasalnya, dia mendengar kabar bahwa tandatangannya laku terjual. Bahkan, ada pula yang menjual tandatangan palsunya.

  3. Pada tahun 1981, Armstrong pernah menolak MTV yang meminta izin memakai kutipan terkenalnya saat mendarat di bulan untuk kepentingan komersial. Armstrong bahkan pernah menuntut Hallmark Cards yang menggunakan kutipan itu tanpa izin di ornamen Natal mereka pada tahun 1994.

  4. Di tahun 2005, Armstrong menuntut Marx Sizemore, tukang cukur rambutnya, karena menjual potongan rambutnya ke seorang kolektor dengan harga 3.000 Dolar tanpa seizin Armstrong. Ia meminta si tukang cukur menyumbangkan uangnya ke yayasan amal yang ditunjuk oleh Armstrong.

  5. Pada tahun 1983, beredar isu bahwa Armstrong menjadi mualaf setelah mendengar gema adzan di Bulan. Suhaemi, seorang musisi Indonesia bahkan menggubah sebuah lagu berjudul “Adzan di Bulan” yang mengisahkan kisah Armstrong yang memutuskan memeluk Islam. Rumor serupa juga beredar di Mesir dan Malaysia. Agak sedikit berbeda, di negeri Jiran, Armstrong diisukan menjadi mualaf di Mesir saat mendengar gema adzan. Ketika itu, ia tersadar, suara itu jugalah yang pernah ia dengar di Bulan. Lewat sebuah pernyataan di tahun 1983, Departemen Luar Negeri AS membantah isu itu. Namun nyatanya, rumor itu tetap jadi perbincangan menarik hingga kini.

Baca Juga:  Universitas Glasgow di Skotlandia Pilih Snowden Jadi Rektor