[-“jgH9QQMIgGQyAgk7gyfRXSqIZ2A7tK8r”]HARIANACEH.co.id — Pendukung Joko Widodo yang tergabung dalam Barisan Relawan Jokowi Presiden menganjurkan kepada pasangan Jokowi-Jusuf Kalla agar memilih menteri yang siap memberantas mafia di kementerian masing-masing.

“Sudah banyak yang mengusulkan nama, tetapi kami dari Bara JP akan membentangkan rantai mafia di berbagai kementerian sehingga Jokowi-JK bisa menunjuk orang yang tepat dan mampu memberantas mafia,” kata pengurus Bara JP, Viktor Sirait, di Galeri Cafe, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (5/8/2014).

Viktor menilai keberadaan mafia di kementerian sangat merugikan, namun mereka sulit dibuktikan secara hukum sehingga tidak mudah diberantas.

Baca Juga:  Empat Saksi Diperiksa, Usut Proyek UPS DKI

Pengamat politik Boni Hargens menambahkan mafia merupakan salah satu yang penyebab rusaknya sistem negara. Sebab, kata Boni, mereka tidak bekerja sendirian, melainkan sudah membentuk sistem baru.

“Salah satu faktor penyebab rusaknya sistem kenegaraan adalah lahirnya mafia yang sudah terstruktur dan membentuk sistem karena itu tantangan terbesar ke depan adalah bagaimana memberantas mafia yang sudah mapan ini,” kata Boni.

Untuk menyudahi praktik mafia, kata Boni, harus diberantas sampai akarnya.

Untuk menggambarkan upaya pemberantasan mafia, Boni menyontohkan bagaimana Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama memimpin Pemerintah Jakarta dan “menyikat” sejumlah pejabat bermental korup di Jakarta.

Boni berharap apa yang sudah dimulai Jokowi di Jakarta nanti diterapkan di level kementerian.

Baca Juga:  Ekonomi Menjadi Faktor Penyebab Dominan Tingginya Angka Perceraian