[-“COvyS1GhZRwHyZf9rIP3gz1V9ZrPWsSz”]HARIANACEH.co.id — Salon kecantikan dan toko kosmetik telah memudahkan perempuan dalam merawat tubuhnya. Kaum hawa dibombardir dengan berbagai pilihan, dan dengan hanya menggesekkan kartu kredit barang-barang itu sudah ada dalam genggaman.

Namun, sebenarnya Anda tak perlu banyak keluar uang untuk merawat rambut, wajah maupun kulit. Jauh sebelum toko kosmetik selengkap sekarang, perempuan memiliki sejumlah trik kecantikan dengan ramuan mereka sendiri yang baik digunakan sehari-hari.

Jadi coba tengok isi dapur ataupun lemari es Anda, siapa tahu Anda menemukan kosmetik alami berikut ini:

Alpukat

Alpukat adalah pelembab yang sangat baik untuk kulit kering. Alpukat kaya lemak tak jenuh dan antioksidan, sehingga membantu mengurangi kemerahan dan iritasi. Untuk memanfaatkan khasiat alpukat, haluskan alpukat lalu balurkan ke seluruh kulit wajah dan leher. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Hasil wajah Anda akan terasa lebih halus dan lembut.

Scrub gula

Untuk menyingkirkan kulit mati, Anda tidak perlu membeli scrub wajah yang mahal. Bahan sehari-hari seperti gula dan beras mentah  dapat berfungsi sebagai exfolian. Gula misalnya, memiliki sifat humectant yang bisa menjaga kulit tetap lembab dan terhidrasi. Campur dua sendok teh gula pasir organik dengan satu sendok teh minyak kelapa. Dengan lembut gosokkan ke wajah, lalu bersihkan dengan air hangat.

Baca Juga:  Efek Dari Obesitas Hingga Kematian

Perawatan mata

Sering menghadapi mata menghitam karena terlalu banyak menatap laptop dan sering tidur larut malam? Coba tengok apakah Anda masih memiliki teh celup di dapur Anda, karena teh memiliki sifat anti-iritasi. Ambil dua kantong teh, lalu dalam air panas selama sekitar tiga menit. Kemudian dinginkan di lemari es, kompres kedua mata Anda dengan knatung teh ini selama sekitar 10 menit. Anda akan merasa mata Anda lebih segar dan berkurang bengkaknya.

Toner wajah buatan sendiri

Cuka sari apel tak hanya berkhasiat menurunkan berat badan, tapi juga bermanfaat sebagai toner, dan mengeringkan jerawat dengan cepat. Caranya, campurkan satu bagian cuka sari apel dengan empat bagian air. Sebelum tidur, balurkan toner alami ini ke seluruh wajah dengan menggunakan kapas. Untuk mengobati jerawat, gunakan tiga bagian air dan satu bagian cuka apel.

Baca Juga:  Salmon Panggang Saus Salsa Sangat Lezat Sekali

Untuk rambut lemas

Minyak zaitun atau minyak kelapa adalah rahasia kecantikan rambut perempuan di masa lalu. Minyak zaitun  banyak mengandung asam lemak yang akan melapisi rambut dan  melindunginya dari kerusakan. Caranya, panaskan setengah cangkir minyak zaitun dalam microwave selama beberapa detik. Pijatkan minyak zaitun yang masih hangat ke akar-akar rambut Anda dan biarkan selama 20-30 menit. Bilas dan keramas rambut Anda.

Rambut bersinar alami

Di masa lalu, jus lemon digunakan untuk meringankan rambut karena lemon mengandung asam sitrat yang bisa membuka kutikula rambut. Untuk membuat ramuan alami, peras empat lemon dan campurkan dengan sepertiga  cangkir air. Tuang campuran ini ke dalam botol semprot. Semprotkan secara merata di seluruh rambut Anda, lalu berjemurlah selama sekitar 45 menit. Lalu bilas dengan air bersih dan gunakan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda.