[-“9Uf2omNJRs0Sm2VKzn8CgPbc4baUVRgt”]HARIANACEH.co.id — Polda Metro Jaya sudah mengetahui adanya aksi deklarasi mendukung kelompok Islamic State of Iraq and Syria atau Negara Islam di Irak dan Suriah di Pekayon, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto mengatakan saat ini, Polda Metro Jaya tengah melakukan upaya pendalaman terhadap gerakan yang muncul di Bekasi.

“Sedang didalami, siapa saja dan darimana saja,” kata Rikwanto seperti dilansir laman suara, Selasa (5/8/2014) pagi.

Selain mendalami siapa sesungguhnya orang-orang yang deklarasi mendukung ISIS, kata Rikwanto, polisi juga mencoba mengungkap motif aksi tersebut.

Baca Juga:  Benarkah Pilihan Kuat Jokowi Sebagai Kapolri adalah Budi Gunawan?

Sejauh ini, polisi belum dapat merilis hasil pendalaman ke media massa. Deklarasi tersebut dilakukan di salah satu masjid yang terletak di Pekayon, Bekasi Barat, pada Minggu (3/8/2014). Sebelum deklarasi, acara diawali dengan ceramah tentang agama.

Seperti diketahui, belum lama ini muncul video di Youtube berisi seruan kelompok ISIS agar warga Indonesia bergabung ke dalam kelompok militan tersebut.

Sejak itu, muncul beberapa aksi deklarasi mendukung ISIS di sejumlah daerah, termasuk Bekasi.

Sementara itu, Menkopolhukam Djoko Suyanto mengatakan bahwa Pemerintah Republik Indonesia menolak paham ISIS berkembang di Indonesia karena tidak sesuai dengan ideologi Pancasila dan kebhinekaan yang menaungi NKRI.

“Pemerintah dan negara menolak dan tidak mengizinkan paham ISIS yang akhir-akhir ini menjadi IS (Islamic State) berkembang di Indonesia karena tidak sesuai dengan ideologi Pancasila dan kebhinekaan kita di bawah NKRI,” katanya.

Baca Juga:  Stok Dan Harga Sembako Diawasi Komisi IV Jelang Puasa